Pro Kontra Mahasiswa Penerima Beasiswa Wajib Part Time dan Alternatifnya

Like

Beban Semakin Berat, Wajib Pandai sekaligus Wajib Bekerja

Selain itu saya berpikir bahwa beban mahasiswa akan semakin berat. Hal ini karena penerima beasiswa biasanya diminta untuk lebih berprestasi daripada mahasiswa lain.

Jika ia juga dituntut wajib part time, itu artinya ada dua kewajiban yang harus diselesaikan dalam satu waktu oleh mahasiswa tersebut. Memang benar kembali lagi ini untuk meningkatkan mutu. Namun sebaiknya perlu dikaji ulang cara-caranya

 

Alternatif Jika Berniat Membantu Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa 

Berikut adalah beberapa alternatif yang menunjukkan itikad baik kampus untuk meningkatkan kompetensi mahasiswanya, pertama mahasiswa yang mendapat beasiswa. 

1. Melepaskan keharusan magang. Pihak atau lembaga pemberi beasiswa harus membuat magang sebagai sesuatu yang opsional bukan wajib.

2. Memberikan gaji bagi mahasiswa yang magang. Pemerintah atau lembaga pemberi beasiswa juga dapat memberi gaji magang untuk sesuatu yang lebih memadai, sehingga mahasiswa tidak merasa eksploitasi.


3. Mengembangkan pelatihan. Alih-alih langsung diminta magang untuk meningkatkan keahlian, ada baiknya lembaga pemberi beasiswa juga dapat mengembangkan pelatihan yang akan membantu mahasiswa mempersiapkan mereka untuk magang dan membantu memastikan bahwa mereka mendapatkan pengalaman dan keterampilan yang mereka butuhkan.

Baca Juga: Mahasiswa Penerima Beasiswa Diminta Pekerja Paruh Waktu, Hal Apa yang Harus Diperhatikan?

4. Magang di perusahaan. Lembaga pemberi beasiswa juga dapat membentuk kerjasama dengan perusahaan atau organisasi yang mau memberikan pengalaman dan pelatihan yang berkualitas untuk mahasiswa yang berpartisipasi dalam magang. Bukan di kampus.

5. Magang setelah program profesi. Lembaga pemberi beasiswa juga dapat menarik profesi untuk berpartisipasi dalam program magang, misalnya dengan menawarkan insentif atau mendorong mahasiswa untuk menyelesaikan magang di perusahaan tertentu.

6. Hanya menyediakan fasilitas. Lembaga pemberi beasiswa juga dapat mendata kebutuhan mahasiswa yang memerlukan magang dan memastikan bahwa program magang ditujukan untuk mahasiswa yang akan mengambil manfaatnya dan membutuhkannya.

7. Dukungan profesional. Lembaga pemberi beasiswa juga dapat memberikan dukungan finansial, psikologis, dan moral untuk mahasiswa agar menjadi mahasiswa yang profesional, bukan paksaan.














---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung