Membangun Ruang Karya di Tengah Pandemi

Membangun Ruang Karya di Tengah Pandemi

Membangun Ruang Karya di Tengah Pandemi

Like

Ketika kali pertama virus covid 19 muncul di Wuhan, China, seketika akses pencarian informasi semarak memberitakan apapun yang berkaitan tentang penyakit ini. Penyebaran yang masif dan sporadis menjadikan covid19 diklaim sebagai bencana penyakit pandemi.

Bencana ini memberikan dampak yang cukup signifikan di semua bidang, mulai dari kesehatan, sosial hingga perekonomian. Tidak sedikit masyarakat yang kehilangan status pekerjaannya. Apalagi yang berhubungan dengan massa, interaksi dengan orang banyak, praktek yang dilapangan, karena kebijakan yang diambil mengharuskan karantina mandiri di rumah masing-masing untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Walaupun di rumah saja, bukan berarti kita tidak bisa melakukan kegiatan seperti pada sebelumnya. Masa sekarang, pemanfaatan teknologi yang semakin canggih dapat memudahkan segala kebutuhan.

Nah, sebenarnya saat dirumah aja, banyak hal yang dapat kita peroleh, yang jarang kita lakukan pada masa sebelum Covid-19 datang. Seperti apa aja?
1. Pengeluaran berkurang
2. Makan lebih sehat
3. Belajar memasak

4. Rumah jadi lebih bersih
5. Lebih spiritual
6. Dapat membangun ruang karya.
 

Berbicara tentang Ruang Karya, itu apasih??

Ruang karya adalah suatu tempat dimana karya-karya yang dihasilkan dikelompokkan dan menjadi satu di suatu ruang, atau juga dapat disebut sebagai karya yang dihasilkan memiliki ruang tersendiri.

Di tengah pandemi seperti ini, pasti lebih banyak memiliki waktu luang. Siapa sangka, yang mulanya iseng membuat suatu karya, dapat menghasilkan cuan lhooo...

Ada banyak informasi seputar kompetisi tersebar luas di media sosial, umumnya kompetisi tersebut adalah perlombaan yang dapat menghasilkan sebuah karya. 
Nahh, jika kalian masih bingung apa yang harus dilakukan untuk membangun ruang karya di tengah pandemi, berikut ada referensi untuk membangun sebuah karya..

1. Menulis

menulis merupakan kegiatan menciptakan sebuah catatan, menulis juga dapat menciptakan sebuah ingatan memori karena tulisan dapat mengandung sebuah pesan yang tersimpan. 
selain itu juga menulis dapat mengekspresikan jiwa dari seorang penulis, ketika rindu dengan pasangan yang tak kunjung bisa ketemu, sabi banget nih diungkapin lewat sebuah tulisan yang syahdu, dapat juga mengikuti lomba kepenulisan seperti cerpen, novel, maupun quotes-quotes. 

2. Blog
pada bagian ini hampir sama dengan menulis, memang proses penciptaan sebuah karya di blog adalah menulis. Blog menyediakan fitur-fitur dan menjadikan tulisan kita terhubung secara global.

Dalam kepenulisan blog, kita dapat menuangkan apa yang ada di pikiran kita. Sebelum itu diperlukan juga referensi untuk bahan bacaan tulisan, karena saat kita menulis harus ada sebuah imajinasi dan sumber pegangan agar tidak salah ranah dan mesti valid.

Untuk sumber-sumber yang dapat dijadikan referensi dapat diperoleh dari websitenya Bisnis.com. Di sini, tersedia berbagai macam sumber informasi yang terpercaya dari berbagai genre mulai teknologi, lifestyle, inspirasi, ekonomi, finansial dan masih banyak lagi untuk dijadikan pegangan dan kutipan dalam menulis.


3. Video 

zaman sekarang maraknya pembuatan video yang sudah tidak asing lagi, seperti sudah menjadi bagian dari kegiatan. seperti ketika sedang pergi berkebun akan diambil sebuah rekaman, memasak, pergi jalan-jalan, atau bahkan sekedar iseng membuat video dance, tutorial, dll.

4. Foto

siapa disini yang tidak kenal dengan foto, pasti semua manusia di dunia ini mengenalnya. Foto di zaman sekarang tidak bisa lepas dari kehidupan sehari-hari, pasalnya teknologi yang memudahkan untuk mengabadikan sebuah momen.

Mulai dari menunjukkan status sosial, mencari pundi-pundi rupiah, penjualan produk, mengirimkan bukti dan masih banyak lagi. Bahkan ada slogan no pict is hoax, betapa pentingnya sebuah foto.

Nahhh, dirumah aja bisa lho menghasilkan karya lewat foto, dengan komposisi, tone, dan pencahayaan yang bagus dan modifikasi desain yang unik sehingga menghasilkan sebuah karya yang dapat dicetak maupun berbentuk digital.

5. Desain
desain merupakan hasil akhir dalam sebuah karya, skill desain sangat bersifat penting karena menambah nilai estetika dalam suatu karya. Ada banyak aplikasi yang tersebar dan dapat dinikmati secara gratis untuk mempercantik sebuah karya. Atau juga murni membuat desain seperti kartun, desain grafis, anime, dll. selama di rumah aja pastinya bisa dong  belajar.. 

6. Kreatifitas Tanpa Batas
manusia dibekali akal dan pikiran, di masa sekarang untuk terus bertahan hidup diperlukan sebuah inovasi dan usaha yang bertekad kuat. kreatifitas tanpa batas merupakan acuan pemicu untuk terus mengasah pikiran dalam menciptakan karya-karya yang unik, yang dapat dinikmati baik secara pribadi maupun publik. 

Nahh, itu dia contoh referensi dalam membangun sebuah karya di tengah pandemi. Semangat dalam berkarya, dan beproses, nikmati hidup ini dan terus berinovasi dalam membangun sebuah karya. salam hangat, tetap jaga kesehatan. Pandemi menjadikan kita semua dirumah saja, masih banyak hal yang dapat kita pelajari dan gali untuk menghasilkan sebuah karya, karna sebuah nama akan musnah namun karya akan selalu teringat dalam konteks sejarah.