Alasan Mengapa Unpaid Internship Kurang Worth It

Like

Jadi, saya tetap merasa kurang setuju jika ada perushaaan membuka internship unpaid dan mahasiswa/i tersebut dibebankan untuk bekerja seperti seorang karyawan dan bertarget. Rasanya itu seperti kurang memanusiakan manusia.

Semua anak yang berkuliah, belum tentu dari keluarga berada yang memang hanya membutuhkan ilmu tambahan di dunia kerja.

Bisa jadi mereka dari ekonomi menengah ke bawah namun punya semangat menuntut ilmu. Jadi jangan dibebankan dengan kenyataan pahit, harus bekerja seperti karyawan namun tidak dibayar.

Semua orang punya hak yang sama. Apalagi kalau memasuki dunia kerja, jarang ada anak internship tidak diberikan pekerjaan. Sudah pasti mereka akan dijadikan SDM tambahan untuk menggapai target-target tertentu dari management.

Bilapun perusahaan dan kampus ada kerjasama, maka pihak kampus harus menetapkan kalau anak internship saat magang di perusahaan wajib memperoleh bayaran.


Sehingga, tidak ada istilah internship merupakan perbudakan di era modern. Miris juga kan mendengar pernyataan tersebut.

Baca Juga: Unpaid Internship, Portofolio Kerja atau Buang-Buang Waktu?

Bukan mereka terlalu perhitungan, wajar sekali saat seorang magang yang datang memberi bantuan tenaga serta pikiran kemudian memperoleh imbalan setimpal dan di bonusi dengan sertifikat internship.

Dapat pengalaman kerja, merasakan mendapatkan gaji permulaan dan penghargaan melalui sertifikat. Bukankah itu hal yang bagus dalam ingatan?

Membuat perusahaan namanya harum dan baik juga. Semoga ya, perusahaan yang membuka kesempatan internship memikirkan dengan baik-baik untuk membayar anak magang.






---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung