Berinvestasi dengan Modal Minim, Begini Caranya Supaya Cuan!

Tidak ada alasan untuk tidak mulai berinvestasi meskipun modal minim. Sumber gambar: Adobe Express

Tidak ada alasan untuk tidak mulai berinvestasi meskipun modal minim. Sumber gambar: Adobe Express

Like
Be-emers, pada kenyataannya, kita tidak perlu berpenghasilan tinggi untuk berinvestasi. Jika penghasilan kita minim, ada beberapa langkah yang dapat kita lakukan untuk mulai berinvestasi. 
 
Dan enaknya, investasi saat ini sudah semakin dipermudah, karena semuanya serba digital. Yang artinya tinggal mencari aplikasinya yang cocok dan sesuai, lakukan registrasi, dan tinggal investasi.
 

Sebelum Mulai Investasi

Meski demikian, sebelum langsung berinvestasi, sebaiknya ikuti langkah berikut, agar yang bermodal minum tidak sering-sering memegang jidat karena pusing.
 

1. Fokus uang tunai dan uang darurat

Artinya memang harus ada uang tunai untuk mencukupi kebutuhan pokok terlebih dahulu. Memang tidak ada standar kebutuhan pokok, setiap orang berbeda.

Namun masing-masing harus tahu, yang termasuk kebutuhan pokok dan kebutuhan sampingan. Jangan sampai kebutuhan pokok belum terpenuhi, atau masih perlu tambahan, masih harus ditambah lagi berhutang untuk investasi. 

Baca Juga: 7 Strategi Berinvestasi dengan Modal Minim, Tips Untung Maksimal
 

2. Investasi untuk diri sendiri

Misal kita punya uang Rp100.000,- itu bisa digunakan untuk meningkatkan kemampuan kita, misalnya dengan membeli kelas online. Dengan kelas online tersebut keahlian kita meningkatkan, yang keahlian ini bisa digunakan untuk menambah penghasilan.

Atau jika sudah punya keahlian, uang tersebut untuk mengiklankan diri di sosial media, dengan harapan kita bisa dapat proyek yang dapat meningkatkan penghasilan.
 


3. Mencari pekerjaan sampingan

Manfaatkan teknologi untuk mencari pekerjaan sampingan, contohnya lewat aplikasi-aplikasi yang dapat dipercaya, untuk meningkatkan penghasilan.
 
 

4. Bangun kebiasaan keuangan yang baik

Yaitu harus sabar dan konsisten dalam mengatur dan mengelola keuangan.
 

5. Langsung sisihkan ke investasi

Jika uang sudah ada dan aman, langsung sisihkan untuk investasi, sesuai kemampuan, jangan ditunda-tunda.