Berinvestasi Reksa Dana, Apakah Harus Menunggu Momen yang Tepat?


Apakah Perlu Khawatir dengan Fluktuasi Pasar?

Pasar keuangan memang tidak pernah stabil, dan fluktuasi adalah bagian dari dinamika tersebut. Meski begitu, penting untuk diingat bahwa reksa dana bukanlah instrumen yang dirancang untuk spekulasi jangka pendek. Investor reksa dana disarankan untuk memiliki perspektif jangka panjang, di mana fluktuasi jangka pendek tidak akan terlalu berpengaruh pada hasil akhir.

Sebagai contoh, meskipun harga unit reksadana bisa turun drastis akibat kondisi ekonomi global, sejarah menunjukkan bahwa pasar biasanya akan pulih dan kembali tumbuh seiring waktu.

Jika Anda berinvestasi untuk jangka waktu yang panjang, seperti 5 hingga 10 tahun atau lebih, fluktuasi sementara tidak akan menghalangi potensi keuntungan di masa depan.

Baca Juga: Menentukan Waktu Terbaik untuk Mulai Berinvestasi di Reksa Dana: Tips dan Strategi
 

Apakah Harus Menunggu?

Jawabannya adalah tidak. Anda tidak perlu menunggu momen yang tepat untuk mulai berinvestasi di reksadana.

Dalam investasi jangka panjang seperti reksa dana, waktu di pasar (time in the market) lebih penting daripada mencoba mengatur waktu masuk (timing the market).


Dengan berinvestasi lebih awal dan konsisten, Anda memberikan waktu bagi investasi untuk tumbuh, meskipun pasar berfluktuasi.

Sebagai langkah awal, mulailah dengan jumlah yang Anda nyaman, lakukan secara rutin, dan jangan biarkan fluktuasi jangka pendek mempengaruhi keputusan investasi Anda.

Reksadana adalah tentang permainan jangka panjang, di mana kesabaran dan konsistensi akan memberikan hasil yang lebih baik.










---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung