Masih Amankah Menggunakan Kartu Kredit di Tengah Pandemi? Begini Tipsnya

Credit Card - Canva

Credit Card - Canva

Like

Bertransaksi dengan kartu kredit mungkin jadi pilihan sebagian orang. Soalnya, kartu kredit memang punya sejumlah keunggulan dibanding debit card.

Dilansir dari laman Astra Financial, keunggulan dari kartu kredit antara lain promosi berupa potongan harga, cicilan hingga 0 persen, dan mendapatkan cashback. Enggak cuma itu, kamu juga enggak perlu takut buat lupa atau telah bayar tagihan seperti cicilan lainnya.

Namun, jika enggak dipakai dengan bijak, penggunaan kartu kredit memang cenderung membawa seseorang jadi lebih konsumtif. Sementara itu, di tengah pandemi seperti ini, kamu justru dituntut untuk lebih hemat dan memikirkan keadaan keuangan dengan lebih bijak.

Lalu, masih amankah menggunakan kartu kredit saat pandemi Covid-19 ini?

Selain kesehatan, hal lain  yang perlu dijaga saat pandemi ini adalah kondisi arus kas kamu. Demi menjaga arus kas dan pemakaian kartu kredit yang aman, dilansir dari dari Bisnis, ada sejumlah tips yang bisa kamu terapkan nih dari Bank Permata.
 

Mampu Susun Anggaran dan Prioritas

Ini adalah hal yang paling dasar banget nih, Be-emers. Kamu harus mampu menyusun anggaran dan skala prioritas belanja biar enggak boncos.


Untuk itu, pastikan daftar belanja kamu berisi kebutuhan pokok dan perlengkapan yang benar-benar dibutuhkan aja untuk jangka waktu satu bulan. Hal ini juga biosa menyelamatkan kamu dari impulsive buying.
 

Maksimalkan Promosi Kartu Kredit

Seperti yang disebutkan di awal, kartu kredit sering menawarkan berbagai promosi. Hal ini tentunya bisa kamu maksimalkan buat mendapatkan cuan.

Adapun, kamu jadi lebih bisa hemat lho. Meski begitu, pilih promosi yang sesuai dengan kebutuhan kamu saja.
 

Kontrol Pengeluaran Belanja dan Disiplin Bayar Tagihan

Salah satu kunci melakukan smart shopping  adalah dengan mengatur cash flow. makanya, kamu harus bisa mengontrol pengeluaran belanja.

Selain itu, membayar tagihan tepat waktu, bisa menyelamatkan kamu dari keuangan yang buruk lho. Jika kamu disiplin, semuanya pasti akan berjalan lancar.
 

Pastikan Keamanan Transaksi

Terakhir, yang paling penting, kamu perlu memastikan bahwa transaksi kartu kredit kamu aman. Misalnya, kamu bisa mengaktifkan layanan digital kartu kredit untuk mendapatkan notifikasi riwayat transaksi.

Kalau transaksi dan keuangan kamu aman, sudah pasti kamu akan nyaman dalam menggunakan kartu kredit tanpa khawatir di tengah pandemi.