Perusahaan Asuransi Ini Manfaatkan Aplikasi Permudah Klaim

Insurances - Canva

Insurances - Canva

Like

Salah satu masalah yang kerap kali terjadi dalam asuransi adalah pengajuan klaim. Yang dimaksud dengan klaim asuransi, dikutip dari jurnal Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Dehasen Sri Handayani, merupakan sebuah permintaan resmi kepada perusahaan asuransi, untuk pembayaran berdasarkan ketentuan polis asuransi.

Nah, kadang kala, masalah klaim bukan cuma ada di perusahaan asuransi nih. Kurangnya bukti atau pengetahuan dan pemahaman nasabah terhadap polis asuransi juga bisa menyebabkan polemik dalam pengajuan klaim.

Ditambah, dalam situasi pandemi Covid-19 seperti ini, pengajuan klaim asuransi tentu membutuhkan solusi agar lebih efisien. Dilansir dari Bisnis, salah satu perusahaan asuransi, yakni Tripa, diketahui tengah memanfaatkan teknologi untuk mempermudah proses klaim nasabah lho.

Perusahaan asuransi yang sudah berumur 42 tahun itu melakukan inovasi dengan meluncurkan aplikasi bernama Tripa Smart untuk para nasabah dan calon nasabahnya. Adapun, aplikasi anyar ini merupakan versi advance dari aplikasi sebelumnya.

Aplikasi ini akan mempermudah nasabah dalam pembelian atau perpanjangan polis dengan layanan payment gateway. Bahkan, kamu juga bisa melakukan proses klaim in real time nih, Be-emers.


Baca juga: Punya Masalah Asuransi? Ini Penyebab dan Solusinya

Enggak cuma itu, Tripa Smart juga dilengkapi dengan Artificial Intelligence (AI) dengan menghadirkan Virtual Assistant. Pihak Tripa sendiri merasa bahwa aplikasi tersebut dapat membantu para nasabahnya untuk memiliki layanan asuransi secara mudah dan nyaman.

Adapun, berdasarkan kinerja keuangan hingga Juli 2020, produk premi PT Asuransi Tri Pakarta (Tripa) memang mengalami penurunan 12,83 persen secara year-on-year. Meski begitu, Tripa masih mampu cuan dengan kenaikan laba hingga mencapai 214 persen secara year-on-year!