Ini Pentingnya Konsolidasi Startup

Startup - Canva

Startup - Canva

Like

Melakukan hal secara bersama-sama, terkadang, bisa jauh lebih baik ketimbang sendiri. Tentunya, kamu jadi enggak perlu terlalu capek berusaha sendirian berkat bantuan dan kerja sama dengan orang lain.

Hal itu juga berlaku ketika kamu menjalani sebuah bisnis. Salah satunya adalah dengan melakukan konsolidasi.

Dalam bisnis, dilansir dari laman Investopedia, konsolidasi merupakan kegiatan menggabungkan aset, kewajiban, serta perihal keuangan lainnya dari dua atau lebih entitas menjadi satu. Selain itu, konsolidasi juga bisa mengacu pada penyatuan beberapa perusahaan kecil untuk menjadi perusahaan besar lho.

Bukan hanya korporat, konsolidasi rupanya juga penting nih buat perusahaan rintisan atau startup. Dikutip dari laman Bisnis, Asosiasi Startup Teknologi Indonesia (Astindo) memprediksi konsolidasi bisa jadi jalan keluar yang realistis buat perusahaan rintisan lokal.

Soalnya, risiko penurunan nilai investasi startup di Indonesia dinilai masih terus berlanjut hingga kuartal I/2021! Jika dilihat dari laporan Cento Ventures, jumlah pendanaan untuk startup di kawasan Asean menurun 15 persen di kuartal II/2020.


Meski begitu, hal ini masih lebih baik dari penurunan investasi startup yang dialami oleh India, Uni Eropa, hingga Amerika Utara. Secara global, jumlah kesepakatan di kuartal II/2020 turun hingga 42 persen dengan nilai investasi yang terkoreksi 7 persen.

Penurunan tersebut, menurut pihak Astindo, dipicu oleh banyaknya pemilik dana yang mengambil langkah konsolidasi. Hal itu dilakukan sebagai persiapan untuk bertahan di tengah pandemi hingga keadaan mulai pulih.

Adapun, dilansir dari laman cwlsystems.co.uk, keunggulan dari melakukan konsolidasi yakni meningkatkan standarisasi, pemanfaatan, keamanan, fleksibilitas, hingga manajemen perusahaan. Selain itu, konsolidasi juga bisa memperbaiki segala perubahan dan upgrade sebuah bisnis atau perusahaan.