Perlu Enggak Sih Punya Lebih dari Satu Kartu Kredit?

Credit Card - Canva

Credit Card - Canva

Like

Zaman sekarang, istilah cashless transaction sudah semakin menjadi bagian dari gaya hidup, terutama di kota-kota besar. Dari dompet digital hingga kartu kredit, bisa lebih mudah dibawa kemana-mana dibanding harus membawa uang tunai dalam jumlah banyak.

Apalagi buat kamu pemegang kartu kredit, kamu enggak perlu pusing bertransaksi tanpa melihat saldo rekening. Belum lagi, aneka promo hingga reward juga sering ditujukan buat pemegang kartu kredit.

Nah, penting enggak sih punya satu, atau bahkan lebih, kartu kredit?

Hal itu, rupanya penting jadi pertimbangan sebelum kamu memutuskan punya kartu kredit. Adapun, kamu juga mesti menyesuaikan juga dengan kebutuhan.

Kalau kata Head of Wealth Management & Retail Digital Business Commonwealth Bank Ivan Jaya, dikutip dari Bisnis, sebisa mungkin kamu enggak punya banyak kartu kredit. Walaupun punya dua kartu, baiknya dengan limit yang dibatasi, karena sebaiknya kita mencatat segala pos pengeluaran.


Soalnya, punya kartu kredit dengan jumlah banyak bisa bikin pos pengeluaran kamu jadi enggak teratur. Terlebih, kamu jadi sering tergoda buat belanja.

Ingat, bertransaksi dengan kartu kredit, sama saja berutang. Nah, biar enggak terlilit utang terlalu banyak, kamu perlu mengetahui batas waktu pembayaran tagihan atau limit kartu kredit.

Selain itu, ada sejumlah cara juga biar kamu bijak menggunakan kartu kredit, antara lain:
  • Sesuaikan cash flow dan budget bulanan untuk pembayaran kartu kredit
  • Sebisa mungkin enggak menarik tunai dengan kartu kredit, karena biaya penarikannya cukup besar yakni 3 persen.
  • Penggunaan kartu kredit jangan sampai melebihi 30 persen dari pendapatan bulanan
  • Jangan telat bayar tagihan dan hindari minimum payment.
  • Rajin catat pengeluaran