Terdampak Pandemi, Dua Startup Perjalanan Ini Sudah Mulai Pulih Lho!

Travel - Canva

Travel - Canva

Like

Sudah bukan rahasia lagi, kalau hampir semua sektor terdampak pandemi Covid-19. Apalagi sektor pariwisata, dimana sempat terjadi penutupan tempat rekreasi dan hiburan.

Menurut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio, dikutip dari Bisnis, adanya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB)  juga berdampak cukup besar pada sektor pendukung pariwisata dan ekonomi kreatif seperti transportasi.

Bahkan perusahaan rintisan yang bergerak di sektor perjalanan juga, tak dipungkiri, juga ikut terdampak akibat drastisnya penurunan pemesanan tiket pesawat hingga penginapan.

Namun, seiring dengan pelonggaran PSBB atau masa new normal, rupanya sektor perjalanan dan pariwisata perlahan bangkit. Adapun, dilansir dari Bisnis, dua startup ini bahkan sudah mulai pulih lho!
 

Penjualan Tiket.com Meningkat

Seiring dengan dibukanya kembali akses penerbangan, perusahaan rintisan Tiket.com mengaku kalau penjualan tiket untuk penerbangan domestik melalui platform-nya meningkat hingga 60 persen!

Peningkatan yang terjadi selama bulan Agustus 2020 itu dipicu oleh program diskon. Selain itu, para mitra Tiket.com juga sudah kembali terbuka untuk melakukan kolaborasi.


Selain itu, penjualan yang terus meningkat, membuat Tiket.com berencana untuk melakukan perluasan campaign wisata domestik, khususnya di sejumlah destinasi yang telah siap membuka pariwisata untuk wisatawan lokal.

Hal itu tentunya dengan masih menerapkan protokol kesehatan. Adapun, pihaknya juga masih harus menghadapi tantangan komunikasi kepada pasar pelanggannya terkait penyesuaian prosedur yang diberlakukan oleh para mitra.
 

Konsumen dan Mitra Traveloka Meningkat

Melalui kampanye Traveloka Clean Partners, startup unicorn ini ternyata juga mengalami peningkatan dari segi konsumen dan mitra.

Penyesuaian new normal dan protokol CHSE (Cleanliness, Health, Safety, & Environment), Traveloka menggandeng lebih dari 2.000 mitra untuk produk dan layanan Traveloka, mulai dari transportasi, hotel, dan lain-lain. Untuk program CleanFlight dan CleanTrip sendiri, konsumen meningkat hingga 2 kali lipat.

Dengan 80 mitra yang menjangkau seluruh provinsi, program ini tentunya memudahkan konsumen buat mengidentifikasi transportasi darat dan udara yang sudah memenuhi protokol kesehatan. Hal ini tentunya bakal menciptakan rasa aman dan nyaman dalam melakukan perjalanan di era pandemi ini.