10 Tips Public Relation untuk Startups, Bangun Kredibilitas Secara Organik!

10 Tips PR untuk Startups (Sumber: pixabay.com)

10 Tips PR untuk Startups (Sumber: pixabay.com)

Like

Public relation adalah salah satu taktik yang digunakan oleh perusahaan startup untuk menghemat biaya. Untuk bisa tetap melakukan promosi, maka sangat dibutuhkan anggaran biaya yang tidak sedikit. 

Menurut Bisnis.com, tahun 2020 menjadi tahun perkembangan bagi para pemilik startup. Terlepas dari keadaan dunia saat ini, tentu peluang akan selalu hadir. Meskipun secara finansial seluruh negara sedang dalam keresahan. 

Kamu bisa mengakalinya dengan melakukan 10 tips public relation (PR) untuk startups yang wajib diketahui. Yuk, intip beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan hubungan masyarakat secara efisien berikut. 


Memastikan Produk Sudah Siap 

Sebelum mempresentasikan sebuah produk, maka ada baiknya untuk mempersiapkan dari awal. Karena banyak sekali startups yang selalu mengalami masalah pada sebuah produk aplikasi. 


Melakukan Persentasi Singkat 

Untuk bisa menarik perhatian, maka usahakan untuk mempresentasikan produk secara singkat namun jelas. Kamu bisa menggunakan video untuk mendukung presentasi yang kamu lakukan di hadapan banyak orang tersebut. 


Fokus pada Kekuatan 

Agar bisa lebih menarik, seorang PR harus bisa fokus pada kekuatan yang dimiliki. Kamu harus tahu bagaimana cara sebuah perusahaan sudah berhasil untuk mempresentasikan sebuah produk kepada pendengarnya. 


Menjawab Pertanyaan Audience dengan Cepat 

Satu dari 10 tips PR untuk startups yang bisa dilakukan adalah dengan langsung menjawab dan merespon semua pertanyaan yang masuk.  Jika beberapa orang memberikan pertanyaan pada produk yang ditawarkan maka menandakan jika mereka tertarik dengan produk aplikasi yang kamu miliki. 


Dengan begitu kamu bisa menyebar luaskan produk yang sudah kamu promosikan tersebut. Membangun sebuah public relation memang tidaklah mudah untuk dilakukan, sehingga kamu harus mempertahankan semua orang yang merespon produk aplikasi yang ditawarkan.


Membangun Hubungan Baik dengan Blogger 

Salah satu cara yang paling ampuh untuk bisa membangun PR dengan baik adalah melakukan kerja sama dengan para blogger. Pemilik perusahaan akan memahami jika membangun kerja sama dengan blogger akan memberikan sebuah peluang untuk menyebarkan luaskan produk startups. 


Membuat Janji Temu 

Jika kamu adalah seorang startup founder, maka 10 tips PR untuk startups adalah membuat janji temu dengan para blogger. Hal ini akan membuat hubungan kamu semakin erat para blogger yang memahami bagaimana startup yang kamu kembangkan. 


Tetap Minta Para Blogger Update dengan Startup 

Untuk tetap bisa menjadikan startups kamu diminati oleh banyak orang, maka cobalah untuk menjaga hubungan dengan para blogger. Usahakan untuk tetap membuat para blogger sebagai orang yang mempromosikan tetap tertarik dengan ide startups kamu. 


Gencarkan PR pada Semua Pemilik Blogger 

Jika kamu tertarik dengan beberapa blog dari barat, maka cobalah untuk melakukan kerja sama. Namun beberapa startpus si Asia tidak akan bisa mencapai ke tujuan tersebut. Sambil menunggu respon, 10 tips PR untuk startups adalah mengajak beberapa pemilik blogger kecil untuk membangun PR yang baik. 


Menggunakan Website dan FAQ 

Cobalah tulis beberapa pertanyaan yang seringkali ditanyakan. Hal ini bertujuan untuk menghindari pertanyaan yang sama berkali kali. Kamu bisa membuat halaman website khusus untuk membuat banyak orang mendapatkan informasi yang dibutuhkan. 


Membuat Press Release 

Penting bagi kamu untuk membuat press release sehingga bisa memberitahu banyak orang mengenai startup yang kamu kembangkan. Letakkan pers release tersebut pada halaman website sehingga akan memudahkan para pembacanya. 10 tips PR untuk startups pun akan sukses dan banyak dilirik di pasaran. 

Public relation adalah hal yang sangat penting untuk membuat produk startups dikenal oleh masyarakat luas. Beberapa tips diatas bisa kamu terapkan untuk membangun sebuah perusahaan startups di kawasan Asia. 

Meskipun akan mengalami kesulitan di awal dalam membangun bisnis startup, namun dengan melakukan banyak upaya maka startups kamu akan semakin naik dan berkembang. Tetap semangat dalam mengembangkan bisnismu, ya! 

Baca jugaZodiak Ini Dianggap Paling Cocok Jadi Pebisnis