Kurang Pede Karena Pori-Pori Besar? Ini Tipsnya

Mengecilkan pori pori (Sumber:Pixabay.com)

Mengecilkan pori pori (Sumber:Pixabay.com)

Like

Wajah yang mulus dan bersih menjadi salah satu faktor yang paling mempengaruhi penampilan. Tidak bisa dipungkiri jika setiap orang pasti menginginkannya.

Sayangnya memiliki pori pori yang besar menjadi salah satu kendala yang sering dialami oleh sebagian orang. Tentu kondisi ini cukup mengganggu bagi kamu yang sering beraktivitas di depan umum.

Menurut Halodoc, pori-pori besar dapat timbul karena kotoran yang tersumbat dan akhirnya membuat pori-pori wajahmu semakin membesar.

Agar lebih percaya diri, maka kamu harus segera mengatasi masalah pori pori besar. Berikut beberapa tips efektif untuk mengecilkan pori pori pada wajah yang bisa kamu terapkan. 


Membersihkan Wajah Secara Rutin

Ada banyak faktor yang menyebabkan pori pori besar, salah satunya yaitu kondisi wajah yang sering terpapar oleh debu atau kotoran. Selain itu, kulit yang berminyak juga sering menimbulkan penyumbatan pada pori pori.

Oleh karena itu, cara yang bisa dilakukan yaitu dengan membersihkan wajah secara rutin. Selain dapat membuat pori pori kecil, cara ini juga bisa mencegah pori pori tersumbat.


Membersihkan wajah juga bisa mengurangi produksi minyak yang berlebihan. Namun membersihkan kulit wajah perlu dilakukan secara tepat dan benar agar hasilnya semakin efektif.

Langkah pertama yaitu dengan menyiapkan air hangat untuk membuka pori pori. Pastikan untuk tidak memakai air yang terlalu panas sebagai salah satu cara mengecilkan pori pori. 

Setelah itu, bersihkan wajah secara lembut untuk memberikan efek relaksasi. Menggosok kulit wajah bisa berakibat pada iritasi kulit serta peradangan pada wajah, dan membuat pori pori semakin besar. 

Sebaiknya pilih pembersih wajah yang lembut serta dapat melindungi dari komedo, untuk mencegah kulit terkena iritasi. Selain itu, pastikan jika produk tersebut tidak mengandung bahan yang berbahaya bagi kulit.


Memilih Produk Kecantikan  yang Tepat

Tak hanya membersihkan wajah secara rutin, kamu juga perlu memilih produk perawatan wajah yang tepat. Usahakan untuk tidak memilih produk yang tidak menyebabkan penyumbatan pada pori pori. 

Biasanya produk ini memiliki kemasan dengan label non comedogenic. Selain itu, cara mengecilkan pori pori bisa dilakukan dengan melihat apakah pada kemasan produk tersebut terdapat tulisan oil free dan won’t clog pores.

Kamu juga perlu memastikan agar produk yang kamu beli mengandung retinol atau retiny palmitate. Kandungan ini diklaim mampu memberikan efek yang positif pada wajahmu. 

Kendati demikian, beberapa orang justru mengalami iritasi saat menggunakannya. Sebaiknya pemakaian produk kecantikan yang mengandung retinol dilakukan sebelum tidur.

Namun pastikan agar kamu mencuci wajah terlebih dahulu, kemudian menunggunya hingga 30 menit. Selanjutnya, kamu bisa mengoleskan secara perlahan dan lembut ke setiap bagian wajah.


Lakukan Eksfoliasi Secara Rutin

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi pori pori besar yaitu dengan melakukan eksfoliasi secara rutin. Proses pengelupasan ini akan membantu kamu menghilangkan sel sel kulit mati.

Sel kulit mati yang dibiarkan di wajah bisa menyebabkan penyumbatan pori pori. Oleh karena itu, eksfoliasi sebaiknya dilakukan setidaknya tiga kali dalam satu minggu.

Namun apabila kamu sedang mengalami masalah peradangan, maka eksfoliasi sebaiknya ditunda. Hal ini bertujuan untuk menghindari masalah wajah yang semakin buruk.

Beberapa produk yang bisa kamu gunakan sebagai cara untuk mengecilkan pori pori. Salah satunya dengan memakai produk eksfoliator yang mengandung AHA dan BHA.

Sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah pori pori besar. Namun, langkah pertama yang bisa dilakukan yaitu dengan mengetahui penyebab pori pori besar.

Dengan mengenali penyebab yang memicu pori pori besar, maka kamu bisa menemukan cara yang paling tepat dan efektif. Namun jika cara diatas tidak berhasil, maka segera konsultasikan dengan dokter. 

Baca juga: Bagaimana Belajar Mencintai Diri Sendiri?