Dari Gaji ke Gaji, Ini Cara Mengelola Uang Bulanan

Money - Canva

Money - Canva

Like

Buat kamu yang kerja kantoran atau berpenghasilan bulanan, pastinya tanggal gajian jadi hari yang paling dinanti-nanti dong?

Bertahan dari gaji ke gaji tentu bukan hal yang mudah. Kalau kamu enggak bisa mengatur keuangan dengan baik, bisa-bisa kamu malah kesusahan sendiri.

Meskipun punya pemasukan yang pasti tiap bulannya, sedari sekarang kamu perlu untuk mengelola keuangan dengan sebaik mungkin. Apalagi di situasi pandemi Covid-19 kayak sekarang ini.

Dilansir dari laman Bisnis, ini yang bisa kamu lakukan untuk mengatur keuangan bulanan.

Baca Juga: Karantina Berbuah Kreatifitas: Pengangguran Digaji Jutaan? Bisa Banget, Ini Faktanya
 

Data Pemasukan dan Pengeluaran

Dalam mengelola keuangan, menurut Afifa dari Manulife Aset Manajemen, anak muda itu perlu banget lho meluangkan waktu untuk mendata keuangannya.


Jadi, kamu mulai sekarang harus rutin mendata pemasukan, serta pengeluaran rutin dan pengeluaran tak terduga. Selain itu, buat juga tujuan keuangan kamu untuk waktu ke depan.

Untuk pengeluaran, kamu enggak boleh sembarangan. Hal ini bakal mempengaruhi keseimbangan finansial kamu pastinya.

Salah satunya, kamu harus menyesuaikan gaya hidup dan menahan hal-hal yang sifatnya konsumtif. Apalagi sampai harus berutang, hal itu justru akan mendatangkan masalah keuangan!

Lebih baik, kamu keluarkan uang kamu untuk hal-hal yang lebih bermanfaat. Salah satunya, kamu bisa alokasi untuk dana darurat.

Baca Juga: Dari Urusan Gaji Hingga Obligasi, Ini Fitur Terbaru dari Fintech KoinWorks???????
 

Insyaf, Irit, dan Invest

Bagi Afifa, dalam mengelola keuangan itu ada tiga kata kuncinya: Insyaf, Irit dan Invest. Wah, gimana tuh maksudnya?

Insyaf berarti kamu perlu mengerti dan sadar tentang kondisi keuangan. Sedangkan irit, tentunya kamu enggak boleh boros dalam pengeluaran.

Memang, jadi irit itu juga enggak gampang bagi sebagian orang. Misalnya, kamu perlu melawan peer pressure, hingga menghindari kebiasaan makan mewah atau belanja barang branded.

Meski begitu, kamu tetap bisa mengakalinya kok, Caranya, kamu bisa memanfaatkan promosi atau diskon dan membuat budget.

Selain itu, bedakan juga mana kebutuhan dan keinginan. Nah, kalau invest, pastinya kamu harus banget mulai menyisihkan uang buat ditabung dan diinvestasikan untuk berbagai tujuan.

Buat kamu yang masih bingung berapa jumlah yang harus kamu tabung, kamu bisa menabung minimal 1 persen dari pemasukan nih. Meski begitu, mulai biasakan untuk menabung dari sekarang ya!

Baca Juga: Begini Caranya Beli Rumah dengan Gaji UMR