Tren Bersepeda, Simak Tips Ini Agar Tetap Aman

Cycling - Canva

Cycling - Canva

Like

Selama masa pandemi Covid-19 ini, bersepeda lagi jadi salah satu kegiatan yang nge-trend nih, Be-emers. Kamu salah satu yang ikutan juga enggak?

Selain jogging, bersepeda jadi salah satu alternatif pilihan olahraga yang fleksibel dilakukan dimana aja. Eits, tapi jangan di jalan tol juga ya. Bahaya!

Meski begitu, bersepeda di tengah pandemi juga jadi tantangan tersendiri nih. Soalnya, kamu harus tetap mematuhi protokol kesehatan seperti pakai masker dan menghindari kerumunan.

Menurut dr. Muliadi Limanjaya dari RS Pondok Indah Bintaro Jaya, dikutip dari Bisnis, masih ada sejumlah tips lain yang perlu kamu perhatikan sebelum mulai bersepeda.

Baca Juga: Hobi Gowes? Ini Asuransi untuk Kamu Para Pesepeda
 

Gunakan Alat pelindung

Layaknya berkendara motor, bersepeda juga perlu memakai helm dong! Hal ini tentunya untuk menjaga keselamatan diri kamu ketika bersepeda.


Pilih helm sepeda yang aman dan nyaman digunakan. Kamu pun juga disarankan untuk tetap menyalakan lampu sepeda, terutama di malam hari agar lebih safety di jalan.

Selain itu, gunakan masker buat menjaga diri sendiri dan orang lain dari penularan penyakit. Nah, sebaiknya, pilih masker yang gampang menyerap keringat, supaya kenyamanan saat bersepeda enggak terganggu sama sekali.

Biar enggak dehidrasi, selalu sedia air minum saat bersepeda. Oh iya, jangan lupa bawa hand sanitizer juga ya!

Baca Juga: Berkah Pandemi! Ubah Tren Bersepeda jadi Uang???????
 

Jangan Bersepeda di Keramaian

Selama pandemi ini, kita diwajibkan untuk menjaga jarak dan menghindari kerumunan. Makanya, saat bersepeda, cobalah untuk menghindari rute yang selalu ramai.

Pilihan lainnya, kamu bisa atur waktu bersepeda. Misalnya, kamu bisa cari waktu kira-kira kapan tempat yang akan kamu lewati atau tuju dengan sepeda sedang dalam kondisi tidak terlalu ramai.
 

Gimana Kalau Mau Bersepeda dengan Kelompok?

Sebenarnya, mungkin, bisa aja kamu bersepeda secara berkelompok. Namun, untuk meminimalisir penyebaran virus Covid-19, sebaiknya sih kamu bersepeda dengan keluarga atau kerabat yang satu tempat tinggal dengan kamu.

Misalnya kayak sama papa, mama, atau roommate di kosan atau asrama kamu. Adapun, jangan lupa jaga jarak minimal 1,5 meter.

Namun, kalau misalnya memang harus bersepeda dalam satu kelompok dengan orang lain, hal itu bisa dilakukan maksimal 5 orang doang! Selain itu, jangan lupa juga, pastikan kamu dan kerabat kamu itu sudah dites seperti rapid atau swab dengan hasil negatif.
 
Habis bersepeda, langsung pulang ke rumah dan membersihkan diri ya! Bila perlu, semprotkan desinfektan ke sepeda kamu.

Baca Juga: Raih Peluang Keuntungan dari Hobi Bersepeda yang Lagi Tren