Gimana Cara Menghitung Kalori?

Cara menghitung kalori (Sumber: Pixabay.com)

Cara menghitung kalori (Sumber: Pixabay.com)

Like

Memiliki berat badan yang ideal tentu menjadi impian bagi setiap wanita. Berat tubuh yang seimbang akan membuat penampilan menjadi lebih menarik, sehingga kamu menjadi semakin percaya diri.

Tak heran jika berbagai hal dilakukan untuk mengatasi berat badan yang berlebih, salah satunya dengan melakukan program diet. Agar penurunan berat badan lebih optimal, maka kamu juga perlu melakukan perhitungan kebutuhan kalori.

Dengan demikian, kamu bisa memilih jenis makanan yang lebih sehat dengan kalori yang rendah. Cara menghitung kalori dapat dilakukan dengan mudah dengan tips berikut ini.
 

Tips Menimbang Asupan Kalori 

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghitung asupan yang kamu konsumsi, diantaranya dengan menimbang makanan sebelum kamu memakannya. Namun cara satu ini terbilang kurang efektif karena membutuhkan waktu lebih lama.

Cara yang kedua yaitu dengan memakai gelas ukur sebelum memasak nasi atau pasta. Kendati demikian, cara satu ini juga sulit dilakukan ketika kamu berada di luar rumah, terutama jika membeli makanan di luar.

Selain itu, tips untuk menghitung kalori juga bisa dilakukan dengan menggunakan perbandingan antara kalori makanan yang kamu konsumsi saat berada di restoran, dengan makanan yang biasa kamu temukan sehari hari.


Perbandingan untuk menghitung kalori makanan dapat dilakukan dengan menyamakan satu porsi nasi atau pasta ukuran 100 gram dengan satu genggam penuh. Sedangkan untuk daging 85 gram, bisa diperkirakan dengan ukuran satu kotak kartu remi.

Cara menghitung kalori bisa dilakukan melalui  perbandingan ikan dengan berat 85 gram dengan ukuran satu buku kwitansi. Satu porsi buah segar dengan berat 100 gram diperkirakan sebanding dengan satu buah bola tenis.

Namun sebenarnya tidak ada cara yang pasti untuk mengetahui berapa kalori makanan yang kamu konsumsi. Jadi kamu tidak perlu khawatir meskipun tips menghitung kalori yang diterapkan kurang akurat.

Menurut Klikdokter, ada baiknya jika kamu tetap menjaga asupan makanan. Agar tubuh tetap fit dan gizi yang masuk tetap seimbang. Sehingga, kamu dijauhkan dari segala penyakit. 


Cara Menghitung Kebutuhan Kalori Harian

Selain mengetahui tips menghitung kalori, kamu juga perlu memahami berapa kebutuhan kalori harian kamu. Pasalnya, setiap orang memiliki kebutuhan kalori yang berbeda satu sama lain.

Dalam melakukan perhitungan kebutuhan kalori ini, kamu bisa menggunakan rumus yang telah ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Rumus perhitungan ini disebut juga dengan KKB (kebutuhan kalori basal).

Langkah pertama untuk mengetahui berapa jumlah kebutuhan kalori yaitu dengan mengukur tinggi badan dalam ukuran cm. Cara menghitung kalori tentu juga berkaitan dengan kebutuhan kalori kamu.
Selain mengukur tinggi badan, kamu juga perlu melakukan perhitungan berat badan ideal dengan menggunakan rumus BBI. Rumus ini diperlukan untuk mengetahui kebutuhan kalori dasar kamu.

Rumus BBI=(TB-100)-(10% X ((TB-100). Misalnya jika ada memiliki tinggi badan 165 cm, maka dengan menggunakan rumus BBI, maka berat badan ideal kamu seharusnya adalah 58,5 kg.

Setelah mengetahui berat badan ideal, maka kamu bisa menghitung kebutuhan kalori basal harian. Contohnya untuk KKB perempuan, BBI dapat dikalikan dengan 25 kkal. 

Perhitungan kebutuhan kalori ini tentu akan berbeda pada setiap orang, mengingat hal ini juga dipengaruhi oleh aktivitas sehari hari. Untuk mengetahui kebutuhan kalori yang tepat, kamu perlu melakukan konsultasi dengan ahli gizi.

Kebutuhan kalori juga bisa diketahui melalui tabel KKB Kemenkes. Cara menghitung kalori akan membantu kamu untuk mengantisipasi konsumsi makanan yang berlebihan.

Kebutuhan kalori sangat penting diketahui agar kamu juga bisa menyamakan dengan kalori yang perlu dikonsumsi.

Sebaiknya konsumsi makanan dengan jumlah kalori yang tidak lebih dari kebutuhan kalori kamu. Meskipun demikian, kamu juga perlu memastikan kebutuhan kalori kamu bisa terpenuhi dengan baik. Mengingat hal ini juga sangat berkaitan dengan kesehatan kamu di masa yang akan datang. 
 
Baca juga: Cara Agar Tidak Mengantuk saat Work From Home!