Obligasi Pemerintah Makin Diminati, ORI018 Bakal Siap Terbit 1 Oktober 2020

Investment - Canva

Investment - Canva

Like

Di tengah pandemi Covid-19 ini, ternyata obligasi ritel pemerintah cukup laku sebagai aset investasi lho!

Buktinya nih, Sukuk Negara Ritel SR013 yang baru diterbitkan selama sebulan terakhir, yakni dari 28 Agustus - 23 September 2020, berhasil terjual sebesar Rp25,67 triliun! Bahkan, sekitar 44,9 persen investor yang membeli SR013 merupakan milenial.

Kebutuhan aset investasi yang aman, membuat banyak orang yang akhirnya memilih untuk menempatkan dananya di instrumen obligasi ritel milik milik pemerintah.

Selain itu, obligasi pemerintah dinilai lebih unggul dibanding menempatkan uang di bank, yang diketahui kini punya tingkat suku bunga rendah.

Nah, buat kamu yang mungkin belum pernah mencoba atau yang ingin kembali menambah portofolio, Obligasi Ritel Negara (ORI) dengan seri ORI018 bakal terbit 1 Oktober 2020 mendatang nih, Be-emers.


Dikutip dari laman Bisnis, menurut Staf Khusus Menteri Keuangan Masyita Crystallin, ORI018 ini menawarkan kupon tetap (fixed rate) yang dibayar tiap bulannya selama tiga tahun. Adapun, obligasi ritel ini dinilai punya likuiditas yang tinggi.

Selain itu, instrumen ini bisa kamu perdagangkan di pasar sekunder dengan potensi capital gain/loss setelah melewati masa minimum holding period, Be-emers. Meski begitu, ORI018 rupanya hanya punya masa tunggu selama satu bulan.

Dengan pembelian minimal Rp1 juta dan maksimal Rp3 miliar, kamu sudah bisa memiliki 0RI018 nih. Adapun, sejauh ini pemerintah belum menetapkan target untuk penawaran ORI018.

Hingga saat ini, kupon ORI018 belum diumumkan hingga awal Oktober 2020. Namun, sejumlah analis memperkirakan kupon OR018 enggak jauh dari 6 persen.

Adapun, penerbitan obligasi ritel ini seiring dengan upaya pemerintah menyeimbangi tekanan penerimaan negara dari sisi pajak yang turun pada masa pandemi dengan stimulus untuk membangkitkan ekonomi.

Baca Juga: Ini Instrumen Investasi yang Dinilai Cuan di Tengah Resesi