Ini Hal-hal yang Perlu Kamu Perhatikan saat Jualan di Marketplace Online

Shop - Canva

Shop - Canva

Like

Marketplace online jadi salah satu wadah yang bisa diandalkan oleh setiap pelaku usaha untuk mengembangkan bisnisnya. Salah satunya yakni bisa memasarkan produk ke konsumen secara lebih luas.

Enggak cuma itu, perkembangan marketplace online juga semakin pesat seiring tren belanja online yang makin digemari.

Nah, biar kamu bisa lebih cuan dengan jualan di marketplace online, dikutip dari laman Bisnis, ini hal-hal yang perlu kamu perhatikan.

Baca Juga: Dear Influencer dan Online Shop, Instagram Mau Tambah Fitur Baru Nih!
 

Perhatikan Tampilan Produk

Visual atau foto sebuah produk di marketplace online tentu jadi hal yang pertama kali diperhatikan oleh calon konsumen. Kalau tampilan visual dari produk kamu menarik, tentunya calon pembeli juga semakin penasaran untuk melihat rincian dari produk kamu.

Biar calon konsumen kamu lebih percaya terhadap produk yang kamu jual, ada baiknya kamu mencantumkan hasil foto sendiri ketimbang mengambil dari Google. Selain itu, kamu bisa ambil angle fotonya dari berbagai sisi dengan pencahayaan yang baik.


Kalau kamu punya berbagai opsi pilihan warna, kamu bisa memasukkan foto dari semua warna dari produk yang mau kamu jual. Hal ini akan membantu calon pembeli untuk memilih opsi produk yang kamu tawarkan.
 

Rincian atau Deskripsi Harus Jelas

Selain itu, lampirkan rincian dari produk tersebut secara jelas. Hal itu tentunya juga akan memudahkan pencarian produk di search engine.

Untuk itu, ada baiknya kamu membuat penamaan produk sesuai mekanisme SEO. Usahakan juga, nama produk kamu enggak terlalu general tetapi tidak terlalu spesifik. 

Misalnya kamu menamai, “kemeja kota/tartan”, atau “katun merah”. Adapun, jangan masukkan kode produk dengan sistem angka seperti halnya di katalog.

Nah, karena di marketplace itu besar kemungkinan ada barang yang dijual serupa dan saling bersaing, kamu pun perlu memberikan deskripsi dengan sangat baik dan lengkap. Hal ini bisa mengurangi risiko kesalahpahaman dengan pembeli.

Kamu bisa membuat deskripsi produk minimal dua paragraf pendek. Pertama, untuk memuat pemakaian produk, dan yang kedua untuk memuat spesifikasi produk.

Baca Juga: Ini Bisnis Online yang Menjanjikan Hingga Masa Depan
 

Harga, Asuransi, dan Retur

Untuk harga, karena saingan kamu dalam satu wadah penjualan online itu banyak banget, kamu bisa menentukan harga jual dengan mengikuti harga pasar atau pakai harga sendiri untuk mendapatkan pelanggan.

Soalnya, para calon konsumen biasanya mencari produk dengan list harga termahal atau termurah. Produk kamu pun bisa jadi kalah saing sama produk yang sama dengan harga termurah.

Sementara itu, sebagai pilihan, kamu bisa memberikan asuransi untuk produk yang kamu jual. Misalnya, produk yang kamu jual itu rentan seperti produk elektronik, berbahan dasar kaca, dan sebagainya.

Kamu juga perlu menjelaskan kalau toko online kamu itu menyediakan fasilitas retur atau enggak. Jadi, ketika ada kerusakan, kamu enggak kena komplain.
 

Perbanyak Produk dan manfaatkan Musim

Semakin banyak produk yang kamu jual, tampilan toko jadi lebih menarik dan membuat pembeli punya banyak pilihan. Misalnya, kalau kamu jualan kaos, cari model yang kekinian dan perbanyak pilihan warna.

Selain itu, kamu bisa memanfaatkan fitur tambahan yang bisa dimanfaatkan penjual untuk promosi.
 

Kuatkan Komitmen Serta Kasih Sentuhan Personal

Salah satu kunci kesuksesan yakni komitmen. Misalnya kalau konsumen kamu mau coba beli produk yang kamu jual, kamu wajib memberikan produk yang terbaik. Dengan begitu, konsumen akan balik lagi dan jadi langganan kamu deh.

Adapun, selain komitmen, kreativitas kamu juga bisa menambah rasa percaya konsumen lho! Misalnya, kamu bisa menambahkan kertas ucapan terima kasih atau menambahkan produk sale untuk para konsumen.

Baca Juga: Rintis Bisnis Sejak Dini, Ini Dia Jenis Jenis Bisnis Online yang Praktis!