Ini Alasan Kamu Butuh Tabungan Berjangka

Save money - Canva

Save money - Canva

Like

Sudah bukan rahasia lagi, kalau menabung itu bisa bantu kamu untuk bisa mempersiapkan diri dengan lebih baik di masa depan.

Kamu sudah punya tabungan belum nih, Be-emers?

Namun, rupanya menabung bukan hanya sekedar menyisihkan sekian persen dari uang yang kamu punya lho! Tabungan juga bisa direncanakan sesuai tujuan hidup kamu secara jelas dan aman.

Misalnya, kamu mau melanjutkan pendidikan tapi sering gagal menabung karena uangnya terpakai terus. Salah satu solusinya, kamu bisa coba tabungan rencana atau tabungan berjangka, Be-emers.

Tabungan berjangka biasanya berupa tabungan pendidikan, tabungan untuk ibadah haji/umroh, dan sebagainya. Lebih dari itu, dikutip dari laman Bisnis, ini sejumlah alasan kamu butuh tabungan berjangka.


Baca Juga: Susah Menabung? Tabungan Berjangka Bisa Jadi Solusinya

 

Bisa Menyesuaikan Target dan Kondisi Keuangan

Ketika kamu ingin buka tabungan berjangka, kamu harus terlebih dahulu menentukan berapa lama waktu menabung. Hal itu bisa kamu sesuaikan dengan target atau tujuan kamu.

Misalnya, kamu punya target melanjutkan pendidikan S2 sekitar 5 tahun lagi. Nah, kamu bisa tentukan lama kamu menabung sekitar 4-5 tahun.

Selain itu, kamu bisa memanfaatkan kalkulator simulasi tabungan rencana pada website resmi milik bank untuk menentukan jumlah setoran bulanannya. Biasanya, pihak bank sudah menentukan jumlah minimum setoran tabungan berjangka tiap bulannya.

Meski begitu, kamu bisa sesuaikan dengan kondisi keuangan kamu juga kok. Kalau kamu ingin target yang diinginkan cepat tercapai dengan kondisi keuangan kamu yang sudah cukup, kamu bisa juga menabung lebih dari jumlah minimum yang telah ditentukan.
 

Bunganya Lebih Tinggi

Salah satu keunggulan tabungan berjangka dari tabungan pada umumnya adalah bunganya cenderung lebih tinggi lho, Be-emers!

Diketahui, tabungan berjangka memberikan bunga lebih dari 3 persen. Sedangkan tabungan biasa, kurang dari 2 persen.
 

Bikin Kamu Jadi Disiplin

Dengan punya tabungan berjangka, secara enggak sadar, kamu akan terbiasa untuk disiplin menabung nih. Soalnya, pihak bank biasanya menyediakan fasilitas autodebet dari rekening sumber.

Jadi, untuk kamu yang seringkali susah banget menabung, fasilitas tersebut bakal “memaksa” kamu untuk disiplin menabung setiap bulannya tanpa bisa diambil sampai jangka waktu yang sudah ditentukan.