Biar Enggak Boncos, Perhatikan Hal Ini Sebelum Beli Mobil

Car - Freepik

Car - Freepik

Like

Ada yang beli mobil karena kebutuhan akses transportasi. Ada pula yang ingin beli mobil karena gaya hidup.

Kamu termasuk kategori yang mana nih, Be-emers?

Menurut Perencana keuangan OneShildt Budi Raharjo, dikutip dari laman Bisnis, saat ini kamu bisa bebas memilih beragam jenis mobil dan harga yang bervariatif pula.

Bahkan, setiap merek menawarkan berbagai pilihan bagi konsumen yang lebih mengutamakan gengsi atau status sosial ketimbang sebagai alat transportasi nih.

Sebenarnya sah-sah aja sih kamu mau beli mobil dengan tujuan apapun. Namun, salah satu hal yang penting adalah kamu perlu merencanakan dengan matang sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli mobil idaman.


Nah, untuk itu, kamu perlu merencanakan keuangan sebelum beli mobil. Hal ini bertujuan untuk menghitung konsekuensi yang harus dikeluarkan.

Baca Juga: Beli Mobil Pre-Owned Jadi Solusi Buat Kamu yang Punya Budget Terbatas
 

Perhatikan Fungsi

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah memperhatikan fungsi dari mobil yang akan kamu beli.

Kamu harus memastikan kembali bahwa mobil tersebut sesuai dengan tujuan seperti kebutuhan transportasi yang lebih efisien, keinginan gaya hidup, atau bahkan investasi di masa depan.
 

Pertimbangkan Kemampuan

Ini penting banget, Be-emers. Kamu harus pertimbangkan juga kemampuan atau kapasitas keuangan.

Memang sih, beli mobil sekarang bisa tunai dan kredit. Namun, kamu juga perlu memikirkan bunganya (kalau kredit), biaya service dan perawatan, asuransi, hingga pajak kendaraan.

Ingat lho, pajak kendaraan yang harus dibayarkan setiap tahun juga harus dipertimbangkan apakah memiliki kemampuan untuk menunaikan kewajiban pajak. Belum lagi, biaya parkir di kantor, pusat perbelanjaan, maupun di rumah apabila tinggal di apartemen.
 

Jangan Sampai Ganggu Cash Flow!

Punya kendaraan pribadi, terutama mobil, memang asyik. Namun, jangan sampai hal ini malah mengganggu cash flow pribadi kamu ya!

Kalau sudah sampai ganggu, kamu sebaiknya merelakan aset kendaraan yang kamu punya itu. Opsi lainnya, ya kamu harus meningkatkan penghasilan.

Jadi, coba pikir ulang lagi ya sebelum beli mobil impian!

Baca Juga: Seandainya Uang Beli Mini Cooper untuk Investasi, Kira-kira Bisa Cuan Seberapa Banyak?