Bagaimana Cara Pinjam Uang di Bank Untuk Modal Usaha

Cara Pinjam Uang di Bank (Sumber: Pixabay.com)

Cara Pinjam Uang di Bank (Sumber: Pixabay.com)

Modal disebut sebagai persyaratan utama sebelum menggeluti sebuah usaha walaupun jumlahnya tidak selalu besar. Beruntungnya sudah banyak pilihan untuk bisa mendapatkan  sejumlah modal yang dibutuhkan, salah satunya dengan meminjam dana ke bank. 

Sayangnya proses mengajukan pinjaman dana ke bank dirasa cukup sulit, namun bukan berarti tidak bisa dilakukan. Adapun keuntungan dari meminjam di Bank menurut Bisnis.com adalah bunga yang dikenakan cenderung lebih rendah, karena diatur sesuai ketentuan OJK. 

Namun, prosesnya cukup panjang, lama dan selektif untuk KTA. Jika menggunakan kredit, bahayanya ketika mengalami kredit macet. Maka, Bank akan menyita barang atau aset yang kamu miliki. 
Untuk itu, pinjaman Kredit Tanpa Agunan (KTA) dinilai lebih menguntungkan dan memiliki tingkat resiko yang lebih rendah. Agar pengajuan diterima, berikut cara pinjam uang di bank yang perlu diterapkan. 


Tampilkan Citra Diri Positif 

Hal pertama yang harus dilakukan yaitu menampilkan citra diri positif di hadapan pihak bank. Dengan citra yang baik, bank secara otomatis menilai bahwa kamu merupakan orang yang layak untuk mendapatkan persetujuan mendapatkan pinjaman. 

Bagaimana citra positif tersebut dapat diciptakan ? Ketika menemui pihak bank, sebaiknya tidak perlu merasa nervous atau ketakutan yang berlebihan hingga sangat terlihat tegang. Sebab otak akan kesulitan mencerna pertanyaan yang diberikan, dan kamu pun merasa kesulitan untuk memberikan jawaban dengan lancar tanpa ada keraguan di dalamnya. 

Ketika semua pertanyaan terkait peminjaman dana bisa dilakukan dengan lancar, maka kamu sudah selangkah lebih maju untuk meyakinkan pihak bank untuk memberikan sejumlah modal yang diminta. 
Salah satu cara cara pinjam uang di bank yang harus dilakukan yaitu bersikap sewajarnya demi mendapatkan persetujuan dari pihak bank. 

Dengan melihat gaya bahasa yang ditujukan selama proses wawancara singkat tersebut, pihak bank akan mempertimbangkan tujuan pengajuan pinjaman dana. Pertimbangan yang dilakukan pun tidak dilakukan sembarangan, karena mereka akan melihat berbagai faktor lainnya. 


Yakinkan Pihak Bank dengan Bisnis yang Tengah Digeluti 

Pihak bank tidak akan dengan mudah menyetujui permintaan pinjaman dari nasabahnya. Umumnya mereka akan mempertimbangkan berbagai hal yang masih berkaitan dengan data calon peminjam dana.
 
Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk menekan resiko di kemudian hari, oleh karenanya pihak bank tidak bisa menyetujui langsung permintaan pinjaman modal. Lalu bagaimana agar permintaan tersebut disetujui ?

Sebagai pihak yang meminjamkan dana, kamu perlu meyakinkan pihak bank mengenai alasan kuat mengapa mengajukan pinjaman pada mereka sebagai salah satu cara pinjam uang di bank. Ingat untuk meminjam sesuai dengan kebutuhanmu, pastikan kamu mampu membayarnya. 

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meyakinkan pihak bank, salah satunya dengan merinci tujuan usaha dengan detail yang sangat jelas. Sebab dari data tersebut, pihak bank menilai apakah usaha yang tengah digeluti memiliki prospek dan masa depan yang cemerlang. 

Cara untuk meminjamkan dana di bank ini tidak bisa dianggap sepele, karena Kamu harus menunjukkan antusias serta kesungguhan dalam membuka bisnis tersebut. 

Ketika pernyataan Kamu terlihat meyakinkan, pihak bank tidak akan khawatir ataupun ragu memberikan persetujuan peminjaman dana kepada nasabahnya. Agar lebih meyakinkan, buatlah proposal dalam bentuk hard copy untuk mendapatkan nilai tambahan di mata pihak bank. 

Baca juga: Makin Diminati, Yuk Cek Potensi Mendirikan Startup


Pikirkan Tenor Pinjaman 

Tentu kamu harus pikirkan dan putuskan dulu hal ini di rumah bahkan jauh hari sebelum kamu memutuskan untuk meminjam. Pilih membayar dalam jangka waktu yang panjang dengan bunga yang akan terus bertambah, namun angsuran yang tidak memberatkan. Atau sebaliknya? 

Yap, waktu tidak terlalu lama, bunga masih bisa diprediksi, namun angsuran yang cukup besar. Nah, kalau sudah terpikirkan solusinya ini bisa jadi poin penting dimana kamu berkaca pada produktivitas bisnismu. Seberapa produktif bisnis yang kamu tekuni sekarang? Adakah sumber penghasilan lainnya yang dinilai bisa membantumu? 


Melengkapi Semua Persyaratan yang Telah Ditentukan 

Selain membawa proposal pengajuan dana, cara pinjam uang di bank selanjutnya adalah melengkapi semua persyaratan peminjaman dana. 

Setelah semua persyaratan telah dilengkapi, selanjutnya pihak bank akan meneliti setiap data yang diberikan sebelum menyatakan setuju memberikan modal. Beberapa dokumen yang harus disiapkan seperti laporan keuangan, slip gaji, kartu keluarga, fotocopy KTP, dan sebagainya. 

Mengajukan permintaan pinjaman sejumlah dana ke bank memang cukup rumit, karena kamu harus melengkapi semua persyaratan yang diminta. Jika memang berniat ingin mendapatkannya, siapkan semua data yang dibutuhkan dan bersungguh sungguh dalam melakukannya.


Skor Kredit 

Balik lagi, pihak Bank pasti punya track record bagaimana kamu membayar tagihan kreditmu setiap bulannya. Baik atau buruk? Kamu sudah pasti tahu, apakah kamu tipikal yang sering telat bayar atau tepat waktu? 

Jika kamu justru belum pernah melakukan kredit, hal ini bisa jadi poin plus ataupun minus. Ini biasanya ditentukan dari slip gaji kamu. Jadi, yuk teman-teman mulai melek secara finansial untuk menjaga etika baik kita perihal membayar tagihan-tagihan.

Intinya, tampilkan citra diri positif, melengkapi semua persyaratan, serta mampu meyakinkan pihak bank terkait dengan bisnis yang digeluti merupakan rangkaian cara untuk mendapatkan pinjaman dana.  
Ingat, relax, tenang supaya kamu bisa mengusahakan yang terbaik.

Jangan lupa untuk menjawab dengan strategis, namun tidak berbohong. Semangat, semoga bisnis kamu berjalan lancar. Jangan lupa untuk membaca-baca semua hal yang berkaitan dengan Startup di Bisnis Muda!

Baca juga: Mengenal Pitch Deck Startup Dan Cara Menyusunnya