Makin Diminati, Yuk Cek Potensi Mendirikan Startup

Startup - Canva

Startup - Canva

Like

Pertumbuhan perusahaan rintisan (startup) semakin meningkat lho. Bahkan, berdasarkan data Startup Ranking, Indonesia merupakan negara kelima dengan pertumbuhan perusahaan rintisan terbesar di dunia!

Tren mendirikan perusahaan rintisan kayaknya memang enggak boleh disepelekan nih, Be-emers. Apalagi, bisnis startup didominasi oleh generasi yang lebih muda dengan pemahaman pasar dan penguasaan teknologi yang baik.

Enggak cuma itu, ini sejumlah potensi yang bisa kamu dapat dari mendirikan sebuah perusahaan rintisan.
 

Bermodal Ide & Gampang Dapat Investor

Siapa sih yang usahanya mau dimodalin? Pastinya, semua mau dong!

Investor jadi salah satu kunci penting juga dalam menjaga kelangsungan sebuah bisnis, tak terkecuali startup. Di lingkungan perusahaan rintisan, dari modal ventura hingga angel investor kerap memberikan pendanaan untuk perusahaan rintisan yang berpotensi terus berkembang.

Bahkan meski pandemi, pendanaan perusahaan rintisan di Indonesia diprediksi bakal tetap dibanjiri pendanaan tahap hingga semester I/2021 lho!


Menurut salah satu master startup sekaligus CMO GDP Venture Danny Oei, dikutip dari Bisnis, mudahnya startup  untuk mendapatkan pendanaan dari investor dipicu oleh adanya euforia kelangkaan perusahaan yang berkualitas dalam bidang ini di Indonesia.

Makanya, menurut Danny, startup juga membutuhkan riset yang kuat, perencanaan bisnis yang solid, dan keahlian dalam mengeksekusi baik di bidang teknologi, operasi, maupun pemasaran. Ia juga percaya kalau setiap ide bisnis yang baik adalah bisnis yang bisa membantu masyarakat menyelesaikan masalah dalam kebutuhan masyarakat.

Selain itu, bagi Danny, modal awal dari perusahaan rintisan adalah ide. Hal itu kemudian diikuti oleh harmonisasi tim, serta visi dan semangat yang sama. Setelah itu, barulah modal berupa uang untuk beroperasi dibutuhkan startup.

Baca Juga: Jangan Cuma Ikut-ikutan, Intip yuk Cara Startup Dapat Pendanaan