Hati-hati, Hindari Kesalahan Ini dalam Mengelola Keuangan di Usia 20an

Finance - Canva

Finance - Canva

Like

Memasuki usia kepala dua, pastinya banyak sekali hal yang ingin dilakukan. Apalagi, di usia ini, rata-rata sudah memasuki fase awal mendapatkan pekerjaan.

Di sisi lain, berbagai faktor seperti pergaulan, gaya hidup, hingga memasuki fase quarter life crisis, kerap mempengaruhi kondisi finansial di usia 20an. Namun, enggak jarang, di rentang usia ini, kamu sering menyepelekan pengelolaan finansial.

Baca Juga: Masuk ke Fase Quarter Life Crisis, Gimana Cara Mengatur Keuangannya?

Padahal, hidup itu enggak selalu berkonsep YOLO (you only live once), Be-emers. Nah, dikutip dari laman Bisnis, ada beberapa kesalahan yang sebaiknya kamu hindari dalam mengelola keuangan.
 

Enggak Punya Tabungan!

“Lebih baik mencegah, daripada mengobati,”


Ungkapan itu kayaknya juga pas untuk kamu yang sampai saat ini belum punya tabungan sama sekali.


Tabungan itu ibarat “amunisi” kamu untuk kebutuhan di masa mendatang. Bahkan, dengan punya tabungan, kita juga bisa lebih siap untuk menghadapi segala kemungkinan, seperti saat-saat darurat sekalipun!

Menabung pun bisa dilakukan dari hal kecil dulu kok. Misalnya, uang kembalian dari kopi kesayangan, bisa kamu masukkan ke dalam tabungan. Yang penting, kamu terbiasa untuk menabung.

Meski begitu, ada baiknya juga untuk kamu mulai menata tabungan kamu. Misalnya, kamu menabung 10 persen dari pemasukan. Kamu juga bisa menspesifikasikan tabungan kamu menjadi dana darurat, tabungan jangka panjang, dan sebagainya.

 

Fokus ke Jangka Pendek dan Ketergantungan Kartu Kredit

Bisa liburan ke luar negeri, beli barang branded, hingga punya gadget terbaru, pastinya jadi wishlist sebagian dari kamu yang ada di usia 20an.

Namun, sadarkah kamu? Itu semua adalah tujuan jangka pendek dan cenderung bersifat konsumtif.

Sebenarnya enggak ada salahnya untuk melakukan hal tersebut di usia kamu yang masih sangat muda. Meski begitu, kamu juga perlu menyesuaikan dengan keadaan finansial dan jangan dilakukan secara berlebihan.

Apalagi, kalau kamu sampai ketergantungan dengan kartu kredit. Aduh, bisa jadi, kondisi keuangan kamu akan kewalahan jika dibarengi dengan sikap yang konsumtif.

Makanya, coba deh fokus untuk melunasi utang kartu kredit sesegera mungkin. Adapun, putuskan juga berapa banyak kamu ingin menyimpan uang dalam setahun, dan mulailah mengatur strategi.

Baca Juga: Perlu Enggak Sih Punya Lebih dari Satu Kartu Kredit?