Reksa Dana dan Emas Dinilai Jadi Investasi yang Tepat untuk Pemula saat Pandemi

Oke - Canva

Oke - Canva

Pandemi Covid-19 memang menekan banyak sektor dan perekonomian. Namun, hal itu bukan jadi penghalang kamu untuk melakukan investasi nih, Be-emers.

Soalnya, dilansir dari laman Bisnis, produk reksa dana dan emas bisa jadi instrumen investasi yang tepat nih buat kamu pilih di masa pandemi ini. Terutama, buat kamu yang masuk dalam kategori investor pemula.

Bahkan, menurut Senior Lead Fintech Tokopedia Marissa Dewi, investasi reksadana pasar uang dan emas bisa jadi batu pijakan untuk kaum milenial memulai menabung dengan cara investasi lho!

Baca Juga: Mau Coba Investasi Reksa Dana? Begini Caranya

Seperti yang kita ketahui, reksa dana adalah salah satu instrumen investasi yang bisa jadi alternatif untuk investor kecil. Terlebih, reksa dana sangat cocok buat kamu yang enggak punya banyak waktu dana keahlian dalam menghitung risiko investasi.

Sedangkan untuk investasi emas, kamu bisa punya alternatif dalam bentuk tabungan atau cicilan emas nih. Jadi, kamu tetap bisa berinvestasi secara likuid, tanpa takut kekurangan modal investasi.

Bahkan, harga emas ini kerap diburu saat kondisi ekonomi sedang dihantui ketidakpastian lho. Sebagai aset safe haven, emas memang jadi pilihan aman untuk investor saat krisis, apalagi di tangah pandemi dan bayang resesi kayak sekarang ini.

Sementara itu, kamu enggak akan rugi kok kalau memulai investasi dari sekarang. Soalnya, menurut Marissa, memulai investasi itu bisa memupuk kebiasaan dan manajemen keuangan yang baik.

Meski begitu, kamu juga jangan lupa untuk mengenali risiko-risiko yang ada dalam investasi ya! Kamu juga bisa kok mencoba instrumen investasi lain seperti saham atau obligasi. 

Namun ingat, semakin tinggi keuntungan, maka risiko pun akan semakin besar. Begitu juga sebaliknya.

Baca Juga: Selain Emas Fisik, Tabungan Emas Digital Bisa Jadi Pilihan Investasi Milenial