Menkeu Enggak Merestui Insentif Pajak 0% Kendaraan, Kenapa Ya?

Car - Canva

Car - Canva

Like

Beberapa waktu lalu, sempat beredar wacana soal adanya insentif pajak 0 persen untuk pembelian mobil baru.

Sayangnya, pihak pemerintah belum mempertimbangkan lebih jauh atas wacana yang diusulkan sama Kementerian Perindustrian tersebut nih.

Dikutip dari laman Bisnis, hal itu ditegaskan sama Menteri Keuangan Sri Mulyani nh, Be-emers. Menurutnya, saat ini pemerintah lagi fokus buat mengoptimalkan paket insentif yang telah dikeluarkan untuk semua pelaku industri.

Secara enggak langsung nih, Bu Menkeu enggak merestui usulan insentif pajak mobil baru sebesar 0 persen itu. Pihaknya justru mencoba memberikan dukungan buat sektor industri secara keseluruhan.

Usulan pajak tersebut sebenarnya memang masih dalam tahapan awal buat dapat persetujuan dari banyak pihak nih, Be-emers. Jadi, masyarakat masih akan menunggu kepastian dari pemerintah yang bisa saja membutuhkan waktu yang lama.


Baca Juga: Biar Enggak Boncos, Perhatikan Hal Ini Sebelum Beli Mobil


Sudah Banyak Insentif

Di satu sisi, Sri Mulyani juga mengungkapkan kalau saat ini pemerintah sudah mengeluarkan banyak insentif untuk menjaga daya saing industri nasional.

Selain itu, pihak pemerintah juga masih terus mengevaluasi secara komprehensif terhadap pelaksanaan insentif fiskal yang telah disebar kepada semua kalangan usaha nih.

Makanya, ia pun berharap agar jangan sampai insentif yang diberikan malah memberikan dampak negatif pada perekonomian.

Sementara itu, perlu kamu ketahui nih,  komponen pajak kendaraan bermotor terdiri atas:
  • Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM)
  • Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), dan
  • Bea Balik Nama (BBN).

Nah, dengan adanya usulan insentif pajak kendaraan bermotor, diharapkan bisa menstimulasi pasar. Selain itu, hal tersebut dinilai bisa mendorong pertumbuhan sektor otomotif di akhir 2020 sehingga bisnis otomotif terus bergerak, termasuk industri pendukung, seperti dealership, finance, asuransi, dan spare parts.

Jadi, buat kamu yang mau beli mobil baru, harap bersabar yaa.. hihi

Baca Juga: Seandainya Uang Beli Mini Cooper untuk Investasi, Kira-kira Bisa Cuan Seberapa Banyak?