Ini Tanda Kamu Sudah Memberikan Nilai Lebih untuk Customer

Customer - Canva

Customer - Canva

“Pembeli adalah raja”


Pasti kamu sering banget dong dengar istilah itu?

Pembeli atau pelanggan adalah salah satu hal yang sangat penting dalam kelangsungan usaha kamu lho. Kepuasan maupun kritik dari pelanggan (customer) bisa menentukan nasib atau prospek penjualan bisnis yang kamu jalani.

Makanya enggak heran, bagi seorang wirausahawan atau pelaku usaha, validasi utamanya yakni untuk bisa mengetahui bahwa dirinya bisa memberikan nilai lebih kepada klien. Berbagai cara dilakukan seorang pelaku usaha untuk mendapatkan validasi dari pelanggan, seperti:
  • Interaksi dengan pelanggan
  • Cara pelanggan menanggapi kamu
  • Adanya ruang untuk perbaikan berupa kritik atau saran

Nah, dikutip dari laman Bisnis, Forbes mengungkapkan ada 4 tanda kamu telah berhasil memberikan nilai lebih kepada pelanggan dari layanan yang diberikan lho!

Baca Juga: Perlukah Beri Diskon atau Promosi Kepada Pelanggan? Ini Hal yang Perlu Diperhatikan
 

Kamu Bikin Hal Rumit Jadi Mudah

Sebagai seorang freelancer atau solopreneur, kamu mungkin berpikir bahwa apa yang kamu lakukan cukup mudah. Kemungkinan, pelanggan kamu enggak merasakan hal yang sama. Itulah alasan utama mengapa mereka datang kepada kamu untuk meminta bantuan.

Namun, sayangnya, banyak pengusaha yang masih suka mempertahankan karakter "mistik" atau cenderung aneh, tentang apa yang mereka lakukan dan bagaimana mereka melakukannya.

Hal ini malah enggak menimbulkan kepercayaan pada pelanggan lho. Sebaliknya. pelanggan mungkin mengira kamu enggak benar-benar tahu apa yang dibicarakan, atau bahkan bisa mengira kamu akan mencoba menipu mereka.

Jadi, pelaku usaha sejati mampu menjelaskan berbagai hal kepada pelanggan dengan cara yang sederhana dan ringkas yang masuk akal. Bahkan, mereka menghindari jargon sambil tetap menawarkan jawaban yang jelas yang menunjukkan bahwa mereka mengetahui seluk beluk industrinya.