Apa Pekerjaan Social Media Specialist?

Apa Pekerjaan Social Media Specialist (Sumber: Pixabay.com)

Apa Pekerjaan Social Media Specialist (Sumber: Pixabay.com)


Jobdesk seorang social media specialist sebenarnya hampir mirip dengan pekerjaan di bidang public relations. Bedanya, seorang public relation memiliki pekerjaan yang bertugas untuk mempromosikan produk suatu perusahaan melalui offline event dan bekerja sama dengan media.

Strategi social media marketing untuk UMKM tentunya berbeda dengan strategi membagun startup berbasi teknologi. Dalam hal UMKM saja pastinya sudah terbagi-bagi bukan? Ini dia alasan kenapa pekerjaan social media specialist dibutuhkan saat ini. 

Namun, pekerjaan spesialis social media adalah untuk mempromosikan suatu barang atau jasa melalui platform media sosial, diantaranya Instagram, Facebook, Twitter, LinkedIn, dan masih banyak lagi. Untuk mengetahui apa itu spesialis sosial media, berikut ulasan lengkapnya.


Memperhatikan dan Menganalisis Dinamika Tren

Seorang pekerja spesialis media sosial diharuskan memiliki jiwa analisis kuat dalam menyikapi tren yang sedang berkembang di kalangan masyarakat. Para spesialis media sosial ini harus mampu mengerti dan juga mengikuti perkembangan trend agar tidak tertinggal dari arus global.

Menganalisis trend merupakan hal utama yang harus dilakukan oleh seorang spesialis media sosial yang bekerja di sebuah perusahaan. Hal tersebut juga dilakukan agar perusahaan tersebut semakin berkembang dan tidak tertinggal dengan perusahaan yang lainnya.

Baca juga: Cara Memulai Bisnis Online dari Nol, Ini Tipsnya!


Mengembangkan Strategi Penggunaan Media Sosial

Jika kamu ingin mendalami dunia social media specialist, maka wajib bagimu untuk mengevaluasi jenis media sosial apa yang paling banyak digunakan oleh pelanggan perusahaanmu. Social media yang banyak diunduh dan digunakan dapat memberikan peluang yang lebih besar.

Banyaknya user media sosial dapat menguntungkan dan memberikanmu peluang akan banyaknya orang yang mengetahui produk jasa atau yang sedang ditawarkan. Manfaatkan hal tersebut dengan meyakinkan para pengguna bahwa produk atau jasa yang kamu tawarkan layak dibeli.


Membangun Komunikasi Dengan Konsumen Dan Rekan Kerja Yang Lainnya

Kamu tentunya tahu bahwa komunikasi merupakan salah satu jenis interaksi langsung yang dapat menyalurkan beberapa hal seperti, ideologi, pendapat, serta apa pun yang dirasakan. Melalui komunikasi pula, kamu juga dapat membangun banyak relasi dengan orang orang baru.

Beberapa hal yang bisa dilakukan seorang spesialis sosial media ialah menciptakan kedekatan dengan konsumen maupun rekan kerja sehingga mereka bisa menjadi seseorang yang setia dan selalu mendengarkanmu.

Hal penting yang harus diperhatikan  social media specialist ialah, penggunaan tutur kata yang sopan dalam merespons perkataan orang lain baik rekan kerja maupun konsumen. Biasanya, beberapa pengguna sosial media akan berkomentar buruk pada kolom komentar dalam suatu media sosial.

Memperbarui Konten Media Sosial yang Dimiliki Perusahaan

Agar perusahaan anda selalu terlihat aktif di media sosial, pembaruan konten merupakan hal yang sangat dibutuhkan. Pembaruan konten biasanya dilakukan minimal sekali dalam satu hari. Salah satunya adalah dengan menggunakan konten yang lebih menarik trafik pengunjung.  

Melalui banyaknya konten baru yang lebih fresh dan menarik, para pengikut media sosial perusahaanmu akan merasa yakin bahwa jasa atau barang yang sedang ditawarkan memang layak dibeli. Dengan demikian, secara otomatis banyak orang yang akan tertarik pada usaha yang sedang kamu geluti.


Memelihara Kredibilitas Dan Kepercayaan Konsumen

Setelah mendapatkan banyak respon permintaan dari pelanggan, sebagai spesialis sosial media kamu harus menjaga kepercayaan pelanggan dengan baik. Hal tersebut dilakukan agar kesetiaan pelanggan tetap ada pada perusahaanmu dan tidak akan berpindah kepada perusahaan lain.

Kadang kala, seorang social media specialist juga mengemban tugas dengan posisi humas guna mewakilkan klien yang mereka miliki. Jadi, dapat disimpulkan bahwa seorang spesialis sosial media harus menjaga kesetiaan dan kepercayaan para pelanggan, investor, atau semua yang berkaitan. 

Itulah beberapa tugas yang diemban oleh seseorang yang berprofesi sebagai spesialis media sosial. Teruntuk kamu yang tertarik untuk menggeluti pekerjaan di bidang sosial media spesialis, ada baiknya mengetahui tugas tugasnya terlebih dahulu. Mulai dari menganalisis tren, hingga memelihara kepercayaan pelanggan.

Gimana? Semoga kebayang yah bagaimana pekerjaan social media specialist itu seperti apa!
Jangan lupa simak berita terupdate mengenai Startup di Bisnis Muda.

Baca juga: Seni Memiliki Problem Solving Agar Semakin Profesional