Ingin Punya Karyawan untuk Usaha Kamu? Intip Cara Bos Amazon Merekrut Timnya Yuk!

Recruitment - Canva

Recruitment - Canva

Like

Ketika bisnis kamu mulai berkembang, kamu tentunya akan membutuhkan orang tambahan untuk membantu operasional.

Namun, memilih orang yang tepat sebagai karyawan dan tergabung dalam tim, tentunya bukan hal yang mudah nih.

Dilansir dari Bisnis, Bos Amazon yakni Jeff Bezos pernah bertugas mewawancarai kandidat untuk perusahaannya lho. Dalam wawancara tersebut, salah satu dari 10 orang terkaya di dunia ini mengungkapkan kalau ia harus meningkatkan standar perekrutan untuk pelamar berikutnya.

Meski sekarang Bezos sudah enggak lagi bertanggung jawab langsung dalam hal sumber daya manusia di perusahaannya, di tahun 1998, dirinya diketahui punya standar perekrutan tinggi yang harus dimiliki dan tiga pertanyaan kunci untuk pelamar lho, Be-emers!

Apa aja sih tiga pertanyaan “kunci” yang digunakan Jeff Bezos untuk mencari kandidat terbaik bagi perusahaannya?


Baca Juga: Cara Menjawab Wawancara Kerja untuk Fresh Graduate
 

Apakah Anda Mengagumi Orang Ini?

Menurut Bezos, kalau kamu berpikir tentang orang-orang yang dikagumi dalam hidup, orang-orang tersebut mungkin bisa kasih contoh atau pelajaran berharga buat kamu lho!

Soalnya, bagi Bezos, dirinya selalu berusaha untuk hanya bekerja dengan orang yang dikagumi dan mendorong orang-orang di sini untuk menuntut hal yang sama. Menurutnya, hidup terlalu singkat untuk melakukan sebaliknya.
 

Akankah Orang Ini Meningkatkan Rata-Rata Tingkat Efektivitas Tim?

Bagi pria kelahiran 1964 ini, dirinya dan tim ingin melawan ketidakpastian. Selain itu, standar harus naik terus menerus.

Makanya, ia selalu meminta orang untuk memvisualisasikan perusahaan 5 tahun dari sekarang. Soalnya, saat itu, diri kita masing-masing harus melihat sekeliling dan menyadari kalau standar sekarang sangat tinggi.
 

Di Bidang Apa Orang Ini Bisa Menjadi Superstar?

Memang, banyak orang yang punya keterampilan, minat, dan perspektif unik yang bisa memperkaya lingkungan kerja. Nah, seringkali hal itu merupakan sesuatu yang bahkan enggak ada hubungannya sama pekerjaan mereka lho.

Untuk itu, menurut Bezos, hal tersebut harus jadi perhatian pengusaha untuk meningkatkan kualitas lingkungan kerja.

Baca Juga: Jeff Bezos, Amazon, dan Kekuatan Bisnis Sampingan