5 Cara Ini Bantu WFH Kamu Enggak Gampang Kena Distraksi

Like

 

Work - Canva

Work - Canva

 

Bikin Ruang Khusus Kerja dan Tetapkan Batasan

Percayalah, kerja itu butuh konsentrasi. Makanya, enggak salah kok untuk kamu coba menetapkan suatu area sebagai ruang kerja.

Kamu bisa bikin ruang kerja pribadi kamu di rumah dengan senyaman mungkin. Mulai dari mengatur meja, kursi, dan sebagainya.

Selain itu, tetapkan juga batasan dengan anggota atau penghuni rumah kamu. Kamu bisa membicarakan ini baik-baik dengan anggota keluarga atau teman satu kost kamu agar bisa membagi waktu saat bekerja di rumah dan kehidupan pribadi.
 

Tetap Terhubung dan Efektivitas Jangka Panjang

Meskipun bekerja dari rumah lebih fleksibel, tapi ada kalanya, kita juga bisa merasa lebih terisolasi lho!

Interaksi manusia itu penting untuk kesehatan mental kita. Jadi, enggak ada salahnya untuk melakukan panggilan video atau ngobrol lewat telepon dengan teman atau pacar kamu usai bekerja nih. 

Dalam hal pekerjaan, bicaralah dengan rekan kerja atau atasan, kalau kamu merasa punya  masalah.


Selain itu, ada baiknya kamu riset tentang berbagai program dan cara bekerja untuk meningkatkan kolaborasi dengan orang lain. Selain itu, kamu juga bisa memikirkan pengaturan WFH yang efektif di rumah untuk kedepannya.
 

Istirahat dan Sayang sama Diri Sendiri

WFH bukan berarti kamu harus aktif sepanjang waktu untuk bekerja. Justru, hal itu dinilai kurang baik lho untuk kesehatan mental kamu.

Makanya, kamu perlu istirahat secara teratur nih, Be-emers. Jika pekerjaan kamu sudah selesai, coba luangkan waktu untuk meningkatkan produktivitas seperti olahraga, minum kopi, menonton dokumentasi Netflix, atau baca buku, atau mengikuti Webinar.

Buat kamu yang belum terbiasa 100 persen untuk melakukan WFH, kamu harus bersikap realistis dan mulailah beradaptasi dengan keadaan sebaik mungkin. Soalnya, penting banget untuk kamu sayang sama diri sendiri agar kamu tetap produktif saat bekerja.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Ngantuk saat Kerja