Begini Cara Membuat Website Sendiri Anti Ribet!

Cara membuat website sendiri (Sumber: Pixabay.com)

Cara membuat website sendiri (Sumber: Pixabay.com)

Apakah kamu mencari cara untuk membuat laman web sederhana dengan cepat dan mudah? Jika iya kamu datang ke tempat yang tepat. Sebagai pemula, kamu bisa memulainya tanpa memerlukan coding sama sekali. Jika penasaran, yuk simak cara membuat website berikut!

Kenapa punya domain itu penting? Ini bisa dijadikan suatu alat untuk membangun citra dan visibilitas brand mu di masyarakat. 

Cara Membuat Laman Web Sendiri Dengan Mudah Tanpa Coding 

1. Menentukan Jenis Situs yang Akan Kamu Buat  

Sebelum memulai membuat situs yang diinginkan, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah menentukan jenis website yang akan dibuat. Dengan begitu, kamu akan memiliki konsep yang jelas seperti apa situs yang akan kamu bangun. 

Hal ini sangat penting karena akan berpengaruh pada pemilihan domain, tema dan web hosting yang akan digunakan. Ada banyak jenis situs yang bisa kamu pilih seperti website portofolio, situs berita, website toko online, dan blog atau website pribadi.  


2. Menentukan Platform Website 


Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, kamu bisa membuka web tanpa perlu mengetahui coding seperti CSS, PHP, bahkan HTML. Selain rumit, menggunakan kode seperti tersebut akan memerlukan waktu yang cukup lama. 

Jika kamu ingin tahu cara membuat website tanpa coding, solusinya adalah menggunakan platform situs gratis. kamu bisa membuat situs dengan mudah tanpa perlu menguasai pemrograman yang rumit dan banyak jenisnya. 

Yang perlu kamu lakukan adalah memasang aplikasi, memasukkan nama, deskripsi situs, dan memilih template. Maka, situs yang kamu buat sudah bisa digunakan dan diakses lewat jaringan internet. 

Untuk membuatnya pun kamu tidak perlu memerlukan biaya alias gratis. Meskipun begitu, hasil website yang dihasilkan cukup baik. Hal ini bisa dimanfaatkan bagi kamu yang pemula dan ingin mempunyai laman web sendiri.


3. Memilih Hosting serta Nama Domain Untuk Laman Web yang Sesuai

Jika ingin menyimpan data laman web di hosting, kamu bisa membeli nama domain. Layanan ini berfungsi untuk menyimpan seluruh file, kode HTML, tema, teks media, hingga draf konten yang tersimpan di hosting. 

4. Memasang WordPress dan Menyesuaikan Laman Web Dengan Tepat

Bagi kamu yang ingin tahu cara membuat website tanpa coding, sebaiknya memasang aplikasi ini. Untuk memasang WordPress yang harus kamu lakukan adalah log ini cPanel. Kemudian buka softaculous apps installer untuk melakukan langkah selanjutnya.

Lalu klik tombol install now dan tunggu sebentar. Maka kamu akan diarahkan pada laman isi detail website. Di sini kamu harus menuliskan keterangan mengenai situs dan nama dari website yang akan kamu buat. 

Setelah memasukkan beberapa informasi terkait situs, langkah selanjutnya adalah menentukan username dan password. Hal ini digunakan untuk masuk ke dashboard WordPress. Setelah itu akan tampil pesan yang berisi alamat situs dan juga alamat URL login ke dashboard laman web kamu.

Baca juga: Simak Kelebihan dan Kekurangan Wordpress Gratis Untuk Para Blogger


5. Mengoptimalkan Pengaturan Website 

WordPress yang baru dipasang biasanya masih versi default. Sehingga pengaturannya masih sangat dasar. Maka dari itu, kamu perlu melakukan optimasi pengaturan. Hal ini bertujuan agar dapat menghasilkan tampilan website yang optimal. 

Untuk mengoptimalkan pengaturan cara membuat website, kamu perlu masuk terlebih dahulu ke WordPress. Setelah berhasil login, kamu akan diarahkan ke tampilan dashboard. Di tampilan ini kamu bisa mengakses semua fitur mulai dari plugin, tema, hingga konfigurasi. 

Itulah beberapa cara mudah yang bisa kamu terapkan untuk membuat website sendiri. Sebagai pemula, tentunya cara ini relatif mudah dilakukan karena tidak perlu memahami pemrograman. Yang perlu kamu lakukan adalah dengan menggunakan WordPress dan mengaturnya sesuai kebutuhan. 

Baca juga:  Cara Buat Podcast di Spotify, Yuk Bangun Branding Kamu!