Ini Tips Beli atau Kontrak Rumah buat Kamu yang bergaji Rp5 Juta


 

House - Canva

House - Canva




Lakukan Hal Ini Jika Kamu Mau Mengontrak Rumah

Mengontrak adalah pilihan yang cerdas jika kamu belum memiliki kondisi finansial yang kuat, seperti yang tertera di poin sebelumnya, dan kamu tinggal di lokasi yang jauh dari tempat kerja, serta membutuhkan hunian tempat tinggal selama satu tahun atau lebih.

Mengontrak merupakan pilihan yang tepat untuk dilakukan untuk sementara waktu.
Namun, coba deh pertimbangkanlah beberapa hal berikut ketika mengontrak:

Kamu harus tahu sampai kapan akan mengontrak
Jangan terlalu cepat memutuskan untuk mengontrak sebuah rumah sebelum kamu tahu berapa lama estimasi kamu tinggal di kontrakan dan di tahun berapa kamu akan mulai membeli atau mencicil rumah.


Seperti yang dijelaskan di atas, mengontrak dan mencicil sama-sama akan menciptakan pengeluaran pasif. Namun mengontrak enggak akan disertai dengan penambahan aset. Terlalu lama mengontrak hanya akan menambah pengeluaran kamu.

Harga sewa kontrakan setengah dari penghasilan tahunan
Dengan penghasilan bulanan Rp5 juta, maka jika disetahunkan penghasilan kamu adalah Rp60 juta. Maka carilah kontrakan yang biaya sewanya di bawah Rp30 juta per tahun (di bawah setengah dari gaji tahunan). Semakin murah tentunya semakin baik.

Patut kamu ketahui bahwa semakin mahal biaya kontrakan makin besar pula pengeluaran bulanan yang kamu.

Ketika biaya sewa kontrakan dalam setahun adalah setengah dari penghasilan tahunan kamu, maka kamu akan kesulitan berinvestasi untuk tujuan jangka pendek, menengah, atau panjang. Kecuali, pengeluaran bulanan kamu memang enggak besar atau hanya berkisar 30?ri penghasilan bulanan.

Kontrakan kamu enggak jauh dari tempat kerja atau aktivitas
Ketika lokasi kontrakan kamu jauh, sebut saja 25 kilometer dari tempat aktivitas kamu, maka uang transportasi yang harus dipersiapkan menjadi semakin besar. Belum lagi, kenyamanan kamu pun terganggu.

Kontrakan nyaman dengan harga murah dan sesuai bujet untuk mereka yang bergaji Rp5 juta, cukup banyak di wilayah tertentu di ibu kota.

Yang pasti, bukan daerah elit. Bagi mereka yang saat ini masih harus bekerja di luar rumah, maka pastikan saja bahwa jarak antara kontrakan dan tempat kerja enggak lebih dari 20 kilometer

Itulah saran bagi mereka yang bergaji Rp5 juta jika dihadapi pilihan antara menyewa atau mencicil rumah. Pastikan kamu telah membuat perhitungan yang baik sebelum membuat keputusan ini.