Bill Gates dan Proyeksi Pandemi Hingga Musim 2020-2021

Bill Gates (Sumber: Wikimedia.com)

Bill Gates (Sumber: Wikimedia.com)

Like

 Bill Gates, siapa sih yang tidak mengenal? Nama tokoh terkenal berkat penemuan perangkat lunaknya ini mencuat di awal pandemi Covid 19. Karena, pendiri Microsoft ini telah memprediksi datangnya masa pandemi sejak lima tahun sebelum peristiwa terjadi di seluruh penjuru dunia.

Kehadiran Gates di acara Ted Talks pada tahun 2015, mengatakan bahwa terdapat sebuah virus yang masih belum diketahui namanya akan lebih berbahaya dibanding misil, dan mampu membunuh hingga puluhan juta orang. Kini ia kembali memprediksikan ada 4 kemungkinan yang terjadi di tahun 2021.
 

Masa Pandemi akan Semakin Memburuk Sebelum Membaik

Ketika Gates ditanya kapankah masa pandemi Covid 19 ini akan usai, ia merinci secara singkat prediksi garis waktunya. Bapak Microsoft ini juga memperkirakan angka kasus dan kematian akibat terpapar virus corona akan terus bertambah selama musim gugur mendatang.

Hal ini dikarenakan selama musim dingin yang terjadi beberapa bulan silam, banyak orang yang lebih memilih di dalam rumah. Meski bertambah saat musim gugur, Bill Gates juga membawa kabar baik bahwa antibodi monoklonal yang digunakan untuk pengobatan akan mulai tersedia di akhir tahun atau awal tahun depan.

Baca juga: Tingkatkan Pemasukan, Berikut 4 Ide Bisnis Dropship yang Paling Menguntungkan

Terbuat dari pengkloningan sel darah putih, antibodi monoklonal ini dapat ditargetkan untuk antigen tertentu. Asal kamu tahu, ternyata pengobatan ini pernah digunakan oleh Presiden AS yaitu Donald Trump di saat ia terjangkit virus corona beberapa waktu silam.


Selain itu, kini terdapat beberapa vaksin yang sedang diuji coba oleh beberapa lembaga peneliti dari berbagai belahan dunia. Bahkan di awal tahun depan, kemungkinan dua atau tiga dari enam vaksin yang masuk uji coba tahap ketiga saat ini akan mendapatkan persetujuan untuk digunakan.

Gates berharap dengan adanya vaksin tersebut, berbagai lembaga pendidikan di seluruh belahan dunia akan bisa kembali dibuka. Di akhir tahun 2021, bapak Microsoft juga memprediksikan bahwa kondisi Amerika Serikat akan jauh lebih baik dari saat ini.

Namun hal tersebut bukan berarti pandemi akan benar benar berakhir. Hal ini berkaitan dengan tindakan pemulihan Covid 19 yang dilakukan setiap negara berbeda. Beberapa negara yang sigap menanggulangi virus diantaranya yaitu Selandia Baru, Australia, dan Korea Selatan.


Mempersiapkan Vaksin Untuk Wabah Berikutnya

Bill Gates mengapresiasi berbagai pemerintah di seluruh negara di dunia, terutama AS yang memberikan dukungan dana untuk penanganan pandemi. Khususnya dalam hal percepatan pengembangan vaksin, baik dikembangkan dengan menggunakan platform tradisional maupun modern seperti RNA.

Cara kerja vaksin tradisional yaitu dengan menginfeksi pasien dengan patogen atau virus yang telah dilemahkan atau mati untuk memicu kekebalan dalam tubuh. Sementara untuk vaksin yang menggunakan platform modern terbuat dari messenger RNA (mRNA) yang menciptakan respon imun tubuh sama dengan tradisional.

Namun bedanya, vaksin RNA tidak memerlukan keseluruhan patogen sehingga diklaim lebih aman dibandingkan vaksin tradisional. Bahkan vaksin RNA yang menggunakan platform modern ini juga lebih mudah diproduksi secara massal dan berpotensi lebih serbaguna.


Semuanya Akan Berjalan Lebih Baik

Bapak Microsoft adalah tipikal orang yang memandang segala sesuatu dengan optimistis. Ia selalu menyarankan agar memandang suatu hal dengan gambaran yang lebih besar. Tak hanya itu saja, Gates juga selalu berharap agar kehidupan bisa menjadi lebih baik.

Meski demikian, Bill Gates tidak menyangkal adanya sebuah kemunduran misalnya saja pada peristiwa pandemi Covid 19 seperti sekarang ini. Namun hal tersebut tidak menutup kemungkinan terdapat sesuatu yang patut disyukuri. 

Beberapa prediksi yang diperkirakan oleh bapak Microsoft tersebut, dapat disimpulkan bahwa untuk selalu berpikir positif terhadap segala sesuatu yang terjadi. Tak hanya itu saja, pada awal tahun depan pula ia memperkirakan adanya perubahan iklim yang dikarenakan adanya pembangunan gedung.

Baca juga:  Mengapa Domain Penting untuk Bisnis? Yuk, Temukan Jawabannya Lewat Penjelasan Berikut