Jangan Pusing Dulu, Begini Cara Atur Keuangan buat Kamu yang Bergaji Rp5 Juta

Like

 

Money - Canva

Money - Canva



Tambah Penghasilan

Kalau gaji kamu dirasa belum cukup juga, kamu bisa menambah penghasilan di luar gaji pokok kamu kok. Ada dua cara yang bisa kamu lakukan buat tambah penghasilan, yakni cara pasif dan Side Hustle.

1. Cara Pasif
Berinvestasi merupakan cara terbaik untuk mendapatkan pendapatan pasif. Buat kamu yang belum mahir berinvestasi, kamu bisa memulainya dengan sejumlah instrumen investasi yang minim risiko seperti reksa dana, surat utang negara, dan logam mulia.

kalau kamu punya dana menganggur yang cukup besar di tabungan, hingga di atas 30 persen dari kekayaan bersih, maka enggak ada salahnya untuk mengalokasikan 10 persen dari dana tersebut ke instrumen deposito atau surat utang negara.

2. Side Hustle

Alternatif selanjutnya, kamu bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari membuka usaha kecil atau kerja sampingan, seperti menjadi pekerja lepas (freelance).

Nah, kalau kamu akhirnya punya penghasilan tambahan hingga 10 persen dari gaji tetap kamu, sebaiknya sih alokasikan dana tersebut buat memenuhi kebutuhan tabungan, investasi, atau asuransi.
 

Jangan Lupakan Kebutuhan Asuransi

Kalau kamu sudah punya BPJS atau asuransi kesehatan dari perusahaan, maka kamu juga perlu lho untuk punya asuransi jiwa.

Hal itu dilakukan untuk memitigasi risiko hilangnya penghasilan bulanan karena ketidakmampuan tulang punggung keluarga dalam mencari nafkah, seperti tiba-tiba harus mengalami cacat tetap total dan meninggal dunia.
 

Buat Daftar Tujuan Jangka Pendek

Kamu pasti tersesat kalau enggak punya arah tujuan, Begitu juga dalam mengelola keuangan.

Maka, coba deh, bikin tujuan-tujuan jangka pendek kamu, beserta dana yang dibutuhkan untuk merealisasikan tujuan tersebut. Jangan lupa juga ya untuk mencantumkan jangka waktu guna merealisasikan tujuan.

Selain itu, jangan lupa juga sama tujuan jangka panjang kamu. Misalnya saja, seperti menyiapkan dana pendidikan hingga menyiapkan dana pensiun.
 

Rutin Periksa Kesehatan Keuangan

Sama halnya kayak kesehatan raga, kesehatan finansial kamu juga perlu diperhatikan lho. Soalnya, memeriksa kesehatan keuangan juga cukup sulit dilakukan nih. Jadi, jangan diremehkan ya!

Nah, ada sejumlah rasio-rasio yang bisa digunakan untuk mengukur kesehatan seseorang atau keluarga seperti yang tercantum di atas.


Baca Juga: Bukan Pelit, Begini Cara Hemat yang Asyik Biar Cepat Tajir!