Pertahankan Bisnis, Berikut 5 Jenis Teknologi yang Kamu Butuhkan

Technology - Canva

Technology - Canva

Bertahan dalam menjalani bisnis tentunya bukan hal yang mudah, Be-emers. Meski begitu, teknologi bisa juga membantu kita dalam mengembangkan bisnsi lho!

Apalagi di zaman sekarang, hampir setiap orang selalu bergantung dengan tekonolgi, seperti internet dan gadget. Nah, ketergantungan pada alat digital ini juga merambah ke dunia bisnis nih, Be-emers.

Disadari atau enggak, Bagi wirausahawan, ketergantungan pada teknologi ini menciptakan peluang baru, tetapi juga mengharuskan startup menggunakan alat dan teknologi yang tepat sendiri.

Dikutip dari laman Bisnis, ada sejumlah starter kit nih yang bisa kamu gunakan untuk menjalankan usaha di era digital.

Baca Juga: Begini Cara Membuat Website Sendiri Anti Ribet!


Teknologi cloud native
Pernah dengar tentang "cloud native"? Teknologi cloud native ini menawarkan kecepatan, skalabilitas, dan elastisitas yang dapat dimanfaatkan oleh semua ukuran bisnis supaya kamu bisa cuan lho!

Teknologi ini punya kemampuan untuk membangun dan menjalankan solusi mutakhir yang dihosting di lingkungan cloud publik, pribadi, atau hybrid dan memanfaatkan container, layanan mikro, infrastruktur yang tidak dapat diubah, API, dan komputasi tanpa server kini menjadi mainstream.

Alat pemasaran
Era digital ini, secara sadar, rupanya telah memperkenalkan kita dengan sejumlah teknik pemasaran baru, bahkan bisa digunakan untuk menjangkau pelanggan. Mislanya, kamu bisa memanfaatkan media sosial, kampanye email, SEO, dan PPC mewakili sumber lalu lintas dan pelanggan yang signifikan untuk brand.

Bahkan, banyak perusahaan rintisan enggak punya sumber keuangan untuk menyewa biro iklan dan alat pemasaran, namun mereka bisa memanfaatkan teknologi tersebut untuk memasarkan produk mereka dengan baik.

Misalnya, HootSuite memungkinkan perusahaan rintisan untuk menjadwalkan posting media sosial berminggu-minggu sebelumnya, sementara Mailchimp membantu pengusaha membuat dan mengelola kampanye email.

Pemantau data
Salah satu keuntungan terbesar alat teknologi modern adalah kemampuannya untuk mengumpulkan data. Nah, dengan mempelajari lebih lanjut tentang pelanggan atau efisiensi proses, kamu bisa membuat perubahan penting pada bisnis kamu untuk meningkatkan profitabilitas.

Makanya, banyak perusahaan rintisan beralih ke alat pembelajaran mesin yang secara otomatis memantau tren data dan memberikan wawasan untuk mengungkapkan arti angka sebenarnya. Dengan mengubah angka dan data menjadi informasi yang bermakna, pengusaha juga bisa mengambil tindakan cepat untuk meningkatkan bisnisnya.

CRM
Karena pelanggan sangat penting, tidak mengherankan jika ada segmen khusus alat teknologi yang didedikasikan untuk mereka. Perangkat lunak manajemen hubungan pelanggan (CRM) memberi perusahaan kekuatan yang lebih besar dalam cara mereka menangani hubungan penting ini.

Jika digunakan secara efektif, alat CRM dapat membuat perbedaan besar untuk keuntungan Anda. Sebuah survei dari Capterra menemukan bahwa 47 persen pengguna CRM mengatakan perangkat lunak tersebut secara signifikan meningkatkan retensi dan kepuasan pelanggan.

Otomatisasi dasar
Hanya ada 24 jam dalam sehari, dan pengusaha sering merasa mereka membutuhkan satu atau tiga jam ekstra untuk mengatur semua yang menjadi tanggung jawab pekerjaan mereka. Hal ini terutama berlaku bagi para solopreneur, yang menjalankan seluruh bisnis sendiri.

Alat otomatisasi juga bisa membantu segala hal nih. Mulai dari pelacakan biaya dan mengirim pengingat untuk janji temu, hingga menghasilkan kontrak atau mengelola orientasi klien.

Jadi, teknologi mana yang cocok dengan bisnismu?

Baca Juga: Tertarik Terjun di Industri Teknologi? Ini 4 Sektor yang Dinilai Paling Cuan