Unik, Ini Konsep Mini Cafe Sederhana Untuk Pemilik Coffeeshop

Unik, Ini Konsep Mini Cafe Sederhana Untuk Pemilik Coffeeshop  (Sumber: Pixabay)

Unik, Ini Konsep Mini Cafe Sederhana Untuk Pemilik Coffeeshop (Sumber: Pixabay)

Like

Uniknya konsep mini cafe sederhana, dapat kita lihat bahwa belakangan ini sudah tidak dapat dipungkiri lagi, jika kini cafe menjadi salah satu bagian dari gaya hidup para milenial. Karena hal tersebutlah, tak heran jika para pemilik coffeeshop mendesain kedainya sedemikian rupa demi menarik perhatian para kaum muda.

Apalagi kini penggunaan media sosial semakin populer, sehingga desain dari kedai kopi membutuhkan perhatian lebih agar tampilannya cukup menarik untuk dipotret oleh para pengunjung. Lantas bagaimanakah konsep mini cafe sederhana yang masuk ke dalam ideal para kaum milenial? Simak ulasannya.


Konsep Cafe di Rumah

Jika kamu masih belum memiliki anggaran yang cukup guna menyewa suatu lahan atau area tertentu untuk membuka usaha kedai kopi, maka tak ada salahnya bila kamu memulai di teras rumah. Kamu bisa memanfaatkan teras atau halaman depan rumah guna dibangun kedai kopi sederhana.

Salah satu area dalam rumah bisa dialihfungsikan sebagai dapur kecil untuk tempat menaruh berbagai alat pembuat kopi serta area meracik kopi. Konsep satu ini sangat cocok untuk diterapkan pada hunian yang berada di pemukiman yang tidak terlalu ramai. 

Apalagi dengan tambahan adanya beragam furniture kayu yang mampu memberikan kesan natural. Konsep mini cafe sederhana ini tentunya akan membuat para pengunjung layaknya berada di dalam rumah sendiri, sembari menikmati kopi hangat bersama dengan teman.


Konsep Cafe dengan Kayu

Masih membicarakan mengenai kesan natural, cafe satu ini memang sangat cocok digunakan untuk tempat refreshing dari segala rutinitas pekerjaan.  Penggunaan material kayu pada cafe ini mampu memberikan nuansa hangat, sehingga akan membuat para pengunjung nyaman dan betah berlama lama.


Kamu pun bisa memadukannya dengan menempatkan beberapa lighting yang sesuai serta tambahan beberapa dekorasi lainnya. Misalnya pemberian tanaman hias yang dimanfaatkan sebagai taman vertikal di dalam cafe. Adanya tanaman hias ini tentunya akan menambah nuansa alam cafe.

Baca Juga: Contoh Rencana Business Plan Startup Agar Usaha Kecil Bisa  Berkembang! 


Konsep Cafe Tematik

Salah satu kiat sukses para pelaku usaha kedai kopi yaitu meninggalkan kenangan yang tak terlupakan bagi para pelanggannya. Karena itulah, alangkah baiknya bila kamu mengusung tema yang unik agar kedaimu menjadi tempat nongkrong yang mudah diingat oleh para pengunjung.

Sebenarnya tema konsep mini cafe sederhana yang bisa kamu adopsi untuk kedaimu tersebut menyesuaikan hobi atau minat yang kamu sukai. Misalnya saja menerapkan konsep laboratorium kimia yang dilengkapi dengan lukisan mural ataupun stiker dinding tabel kimia.

Bila kamu memiliki hobi menggambar, maka kamu bisa memanfaatkannya dengan diterapkan pada kedai kopi. Pastikan bahwa gambar atau tema yang akan kamu usung termasuk ke dalam hal yang unik dan jarang terpikirkan oleh manusia pada umumnya.


Konsep Cafe dengan Jendela Besar

Selain penggunaan kayu dalam sebuah kedai kopi, kamu pun bisa memanfaatkan adanya jendela ukuran besar untuk bisa memaksimalkan pencahayaan alami yang masuk ke dalam ruangan. Cafe yang mengusung konsep satu ini akan tampak hangat serta luas berkat sinar matahari dan ilusi ruangan terbuka.

Sudah pernah coba ke Starbucks Reserve Bali? Kamu bisa menggunakan tempat ini menjadi referensi, lho! Meski ruangan cafe tidak terlalu luas, namun dengan kehadiran jendela besar tersebut mampu memberikan kenyamanan untuk para pengunjung. Tak hanya itu saja, kamu pun perlu memperhatikan arah dari jendela yang akan kamu pasang di kedai kopi. 

Apalagi jika kamu memberikan unsur kayu di konsep mini cafe sederhana ini, hal ini tentu akan memberikan efek positif kepada para pengunjung untuk menikmati secangkir kopi. Bahkan kamu pun bisa memberikan sentuhan berupa beberapa tanaman hias yang disebar di meja untuk mendukung kesan natural.

Tatkala membangun sebuah bisnis kedai kopi, memang hal yang patut untuk diperhatikan yaitu desain. Hal ini karena berkaitan dengan daya tarik yang ditampilkan. Apalagi di zaman milenial seperti ini, perlu adanya ide ide yang menarik dan unik guna menggaet perhatian banyak orang.

Baca Juga: Startup Kopi On Demand? Yuk, Maksimalkan Peluang Bisnis Roasting Kopi