Telkomsel Resmi Investasi US$150 Juta ke Gojek! Gimana Prospek Kolaborasi & Saham TLKM?

Driver Gojek - Image: Gojek

Driver Gojek - Image: Gojek

Like

Kabar mengejutkan datang dari Telkom nih. Lewat entitas anak usahanya, yakni Telkomsel, perusahaan telekomunikasi milik BUMN itu resmi jadi investor Gojek lho, Be-emers!

Sebenarnya sih, hal itu sudah jadi isu yang cukup kuat beberapa waktu lalu. Nah, akhirnya kolaborasi Telkomsel dan Gojek jadi kenyataan juga deh!

Diketahui, Telkomsel telah meneken perjanjian kerja sama dengan startup decacorn Indonesia itu. Pihaknya menyuntikan dana sebesar US$150 juta atau setara Rp2,1 triliun kepada Gojek.

Sebenarnya, apa sih motif Telkom jadi investor Gojek?

Baca Juga: Ada Wacana Investasi ke Gojek, Apa Sih Keuntungannya Buat Telkom?
 

Alasan Kolaborasi Telkomsel dan Gojek

Menurut Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro, dikutip dari laman Bisnis, kolaborasi antara Telkomsel dan Gojek berawal dari visi yang sama dari kedua belah pihak yaitu untuk mempertegas posisi pemain lokal sebagai tuan rumah di negeri sendiri.


Pihaknya meyakini kalau kerja sama tersebut bakal mengakselerasi transformasi Telkomsel sebagai digital telco company.

Selain itu, kolaborasi ini juga dinilai bakal memperkuat konsistensi perusahaan dalam membangun ekosistem digital yang inklusif dan berkelanjutan.

Sementara itu, dari pihak Telkom, Direktur Utama Telkom Indonesia Ririek Adriansyah menyatakan kalau pihaknya menyambut baik adanya kolaborasi antara Telkomsel dan Gojek.

Menurutnya, hal itu bakal memberikan potensi nilai tambah yang besar bagi Telkomsel dalam mengembangkan bisnis layanan digital. Apalagi, hal ini dilakukan seiring transformasi yang sedang dijalankan Telkom Group untuk menjadi perusahaan telekomunikasi digital terdepan di Indonesia.
 

Rencana dan Prospek Telkomsel x Gojek

Selain mengembangkan telekomunikasi digital, pihak Telkom Group juga mengungkapkan kalau ke depannya, baik Telkomsel maupun Gojek juga akan berkolaborasi di bidang gaya hidup digital

Enggak cuma itu, kedua perusahaan tersebut juga bakal mengembangkan solusi teknologi periklanan digital yang dapat dimanfaatkan oleh para pelaku usaha di berbagai skala bisnis.

Bahkan, Gojek dan Telkomsel juga bekerjasama dalam bidang pemberdayaan talenta melalui pertukaran pengalaman dan program pembinaan keahlian profesional sebagai bentuk upaya meningkatkan sumber daya manusia teknologi di dalam negeri lho!

Adapun, sebenarnya, Telkomsel dan Gojek telah melakukan kerja sama sebelumnya, yakni dengan menawarkan paket data terjangkau kepada mitra driver Gojek sejak 2018.

Sementara itu, seiring dengan adanya kabar pendanaan Telkomsel ke Gojek yang diikuti kolaborasi bisnis, saham Telkom (TLKM) langsung bergerak cukup kuat hari ini lho, Be-emers!

Hal itu terbukti dari pergerakan saham TLKM yang berhasil ditutup positif di level 3.220, dengan penguatan 4,89 persen hari ini (17/11). Selain itu, TLKM juga diketahui jadi saham yang paling diburu asing dengan net buy hingga Rp545,5 miliar hingga penutupan bursa hari ini.

Baca Juga: Kinerja Emiten: Laba Masih Aman, Telkom (TLKM) Optimis Kinerja & Saham Prospektif