Cek Kecepatan Website Anda dengan 10 Tools Gratis Ini!

Cek Kecepatan Website Anda dengan 10 Tools Gratis Ini! (Sumber: Pixabay)

Cek Kecepatan Website Anda dengan 10 Tools Gratis Ini! (Sumber: Pixabay)

Like

Taukah kalian berikut ini ada bebrapa tools gratis yang dapat kalian gunakan untuk mempercepat website kalian, karena kecepatan website menjadi hal yang kerap diperbincangkan oleh para pemilik situs web. Pasalnya menurut data, sekitar 40 persen pengunjung akan keluar dari suatu web bila loadingnya lebih dari tiga detik. Hal ini tentu akan mempengaruhi peringkat serta kepuasan pengunjung pada situsmu.

Dan sebelum kita membahas tools dalam mempercepat website, perlu kalian ketahui mungkin dalam membagun website tidaklah mudah terutama website usaha , karena hal yang menjadi peran pentingnya adalah bagaimana supaya website yang kamu buat bisa dikunjungi oleh banyak orang. Tetapi cara tersebut perlu diimbangi dengan kualitas suatu website. 

Jadi bagi kamu pemilik situs web penting untuk melakukan cek speed internet, agar bisa memastikan bahwa situs kamu memiliki performa yang optimal. Kamu bisa melakukan cek kecepatan load website ini di beberapa 10 tools gratis berikut. Simak ulasan selengkapnya.  


KeyCDN Website Speed Test

Tools gratis pertama yang bisa kamu gunakan untuk cek kecepatan load website yaitu KeyCDN. Tools ini dikenal sangat praktis karena bisa digunakan dari 14 lokasi yang berbeda. Selain itu KeyCDN juga dapat mengaktifkan attack tester SSL FREAK yang bisa menjamin keamanan SSL website.


Pingdom

Jika KeyCDN bisa digunakan untuk mengetes laman web dari 14 lokasi berbeda, maka Pingdom ini bisa digunakan dari 70 lokasi yang berbeda. Selain mampu menganalisa performa dari website kamu, Pingdom juga dapat digunakan untuk memonitor downtime pada situs web.


Geek Flare

Sama halnya dengan Pingdom dan KeyCDN, Geek Flare juga akan memberikanmu kemudahan dalam memonitor kinerja website secara cuma cuma alias gratis. Matriks testingnya sendiri meliputi page size, request counts by type, time to first byte, dan screenshot.


Web Page Analyzer

Web Page Analyzer merupakan tools gratis untuk cek speed internet, yang memberikan tips dengan dasar panduan web page size, trend, serta metode optimasi website. Beberapa fitur yang bisa kamu dapatkan yaitu mulai dari perhitungan page size hingga ukuran dari masing masing komponen website. 


Chrome DevTools

Chrome DevTools adalah tools buatan Google yang merupakan bawaan dari Chrome. Jadi kamu bisa langsung menggunakannya melalui browser tersebut. Tools Chrome DevTools ini akan memudahkan kamu dalam pendeteksian masalah dan proses editing halaman di situs web.



WebPage test

Tools selanjutnya yang bisa kamu gunakan untuk test speed web yaitu WebPagetest. Kamu bisa mengoperasikannya melalui Chrome maupun Internet Explorer dengan gratis, dimana fitur unggulannya adalah pemblokiran konten, video capture, dan multi step transactions.


GTmetrix

Kamu juga bisa menggunakan aplikasi GTmetrix untuk melakukan cek speed internet pada situs web. Dengan tools GTmetrix, kamu juga dapat melakukan tes perlambatan koneksi untuk mengetahui sejauh mana tingkat performa dari situs web secara gratis. 

Baca Juga: 12 Website untuk Freelancer Supaya Makin Produktif


Google PageSpeed Insight

Selain Chrome DevTools, Google juga mengembangkan Google PageSpeed Insight yang bisa kamu gunakan untuk cek kecepatan website. Ada dua tipe data yang akan diberikan oleh tools ini, yakni data sistem yang berkaitan dengan performa website dan data lapangan.


Google Mobile Website Speed Testing Tool

Masih dengan tools besutan Google, Google Mobile Website Speed Testing Tool ini berfokus pada penilaian website pada perangkat mobile sehingga akan lebih memudahkan kamu. Kamu akan mendapat laporan mengenai kecepatan website melalui email atau developer webmaster.


Load Impact

Terakhir ada Load Impact yang menyediakan layanan gratis dan berbayar. Untuk melakukan cek speed internet dengan gratis, kamu hanya perlu sign up dan mendapat layanan maksimal 5 kali dalam sebulan. Sedangkan layanan premium tidak membatasi penggunaan dari Load Impact ini.

Itulah beberapa tools gratis yang bisa kamu gunakan cek kecepatan website. Pengecekan ini perlu dilakukan secara rutin untuk mengetahui seberapa cepat load dari situs web yang kamu miliki. Jadi bila ditemukan masalah, kamu bisa dengan segera memperbaikinya.

Baca Juga: Quick Logistic Distribution