Qld : Quick Logistic Distribution, Website Berbasis Distribusi Logistic Paska Bencana Alam

Media Bantuan Korban Paska Bencana Berbasis Website Terintegrasi (Sumber : Asus, Picture)

Media Bantuan Korban Paska Bencana Berbasis Website Terintegrasi (Sumber : Asus, Picture)

Like

Quick Logistic Distribution (QLD)

Website terintegrasi untuk membantu negara dalam hal aksi tanggap membantu pemerintah menanggulangi distribusi logistik yang kurang tepat sasaran dan tanggap.

Sehingga, melalui media ini, membantu pemerintah dalam membantu korban paska bencana untuk memperoleh aksi dari para donatur. Akses yang diberikan oleh donatur terlihat fleksibel dan leluasa sehingga sangat membantu untuk memantau barang yang mereka donasikan kepada masyarakat.
 

Perumusan Ide Rancangan

Rancangan idenya menggunakan metode prototyping. Prototyping adalah salah satu metode pengembangan perangkat lunak yang banyak digunakan.

Metode prototyping berfokus pada pengembangan sistem serta pelanggan dapat saling berinteraksi selama proses pembuatan sistem. Metode ini dipilih karena penerapan yang mudah dalan menghemat waktu dalam pengembangan sistem. 

Pelaksanaan pengelolaan bantuan logistik pasca bencana alam dalam status keadaan darurat terdiri dari fase perencanaan kebutuhan, fase penerimaan atau pengadaan bantuan, fase penyimpanan, fase pendistribusian, dan fase pengangkutan.

Penelitian ini fokus untuk mengembangkan sistem informasi berbasis online (website) dan offline (via-seluler atau sms) meliputi pada fase perencanaan. Fase penerimaan barang bantuan yang termasuk dalam kategori logistik diantarannya: sandang, pangan, dan obat-obatan.


Sehingga, besar harapannya, dengan adanya media ini akan menjadi salah satu media aksi sosial yang bisa menjadi mobilisator terbaik pemerintah terkait kondisi pendistribusian logistik kepada korban bencana alam.

Dan semoga dengan tulisan ini kita sebagai generasi muda tak henti - hentinya menebar kebaikan dengan karya terbaik untuk kesejahteraan negeri ini


Salam semangat dari saya Pemuda_Indonesia