Investasi atau Nabung ya Enaknya di Masa Sekarang ??

Berinvestasi atau nabung ? (Sumber gambar : Canva.com)

Berinvestasi atau nabung ? (Sumber gambar : Canva.com)

Like

Investasi atau nabung ya enaknya di masa sekarang ??

Ditengah masa pandemi dan keadaan ekonomi yang masih fluktuatif apakah lebih baik milih investasi atau menabung ya ?

Inilah yang menjadi pertanyaan bagi banyak orang dikala masa seperti ini. Memang merencanakan keuangan disaat seperti ini sepertinya sudah bukan sebuah opsi melainkan sebuah kebutuhan bagi kita semua. Berinvestasi atau menabung adalah dua cara yang sering digunakan dalam perencanaan keuangan. Lantas manakah yang harus dipilih ??

Tidak ada jawaban yang pasti seperti hitam atau putih. Semua tergantung dari keadaan kondisi keuangan anda saati ini. Namun ada 3 hal yang perlu anda ketahui jika anda memilih antara berinvestasi atau menabung,

1. Ada dana darurat atau tidak

Tidak bisa dipungkiri dikala ekonomi sedang tidak menentu, kita perlu dana darurat. Dana darurat ibarat pelampung yang dapat menyelamatkan kita dari ombak ketidakpastian ekonomi. Range dana darurat yang diperlukan bergantung setiap orang. Jika anda single atau jomblo maka 3 sd 6 bulan dari total pengeluaran kebutuhan hidup adalah range yang ideal. Untuk yang sudah menikah atau mempunyai keluarga bisa lebih dari 6 bulan. Jika anda belum punya dana darurat maka disarankan untuk menabung demi mempunyai dana darurat. namun jika anda mempunyai dana darurat anda bisa mengambil opsi untuk berinvestasi.

2. Ada uang dingin atau tidak

Disini uang dingin bukan maksudnya uang yang baru keluar dari kulkas ya teman teman. Uang dingin adalah uang yang tersisa setelah dikurangi kebutuhan. Ingat ya teman - teman kebutuhan bukan keinginan. Kalo dikurangi keinginan yang ada malah habis uangnya. Uang dingin ini bisa digunakan untuk berinvestasi. Namun jika anda masih kesulitan dalam mempunyai uang dingin disarankan untuk menabung sambil mengurangi uang yang dipakai buat keinginan supaya dapat terkumpul uang dinginnya.


3. Seberapa paham tentang investasi

Yup ini adalah hal yang penting teman teman. Di indonesia ada banyak jenis investasi mulai dari yang aset kelihatan seperti tanah, rumah, emas, perak, dll hingga yang tidak kelihatan (Paper asset) seperti deposito, obligasi, reksadana, saham, ETF, dll. Nah masalahnya kalo kita tidak mengerti tentang investasi maka bisa saja kita tergiur dengan investasi bodong yang memberikan keuntungan fantastis namun ternyata hanyalah pepesan kosong.

Jika anda belum memahami tentang investasi ada baiknya untuk memilih menabung sambil belajar - belajar nih jenis investasi yang cocok. Bisa dengan baca buku, Youtuban tentang investasi, atau mencari kelas online tentang investasi (buayak banget di google aja). Nah bagi anda yang sudah paham tentang investasi maka teman - teman bisa memilih investasi yang cocok dengan diri sendiri dan disesuaikan dengan profil resiko diri sendiri.

Nah idealnya sih kita punya keduanya. Kita punya tabungan untuk menjaga kondisi keuangan ditambah investasi untuk menumbuhkan uang. Namun dimanapun kondisi keuangan anda saat ini bukan menjadi penghambat. Mulailah dengan mengevaluasi keuangan anda dan pilihlah tindakan yang diperlukan sesuai dengan kondisi keuangan anda