Ini yang Perlu Kamu Lakukan untuk Mempersiapkan Segala Kemungkinan dalam Berbisnis

Be Ready - Canva

Be Ready - Canva

Like

Dalam menjalani usaha, hal pertama yang harus kamu sadari, yakni adanya berbagai kemungkinan dan risiko yang akan kamu hadapi.

Namun, hal itu bukan lah sesuatu yang harus kamu takutkan secara berlebihan kok. Justru, risiko tersebut bisa kamu jadikan sebagai sebuah tantangan baru.

Makanya, kamu perlu mempersiapkan diri untuk menghadapi segala kemungkinan yang bakal dihadapi saat menjalani usaha. Dikutip dari laman Bisnis, ini yang perlu kamu lakukan agar kamu selalu siap mengahadapi risiko usaha.

Baca Juga: Siap Hadapi Tantangan, 10 Risiko Bisnis Ini Bakal Kamu Temui


Buat perkiraan arus kas triwulanan.

Salah satu cara terbaik untuk memastikan perusahaan kamu dapat mengatasi pasang surut ekonomi adalah dengan memiliki rencana yang dapat ditindaklanjuti.

kamu harus memiliki pemahaman yang lengkap tentang dari mana uang kamu berasal dan bagaimana penggunaannya. Strategi ini akan memungkinkan kamu untuk memperhitungkan semua uang dan membuat penyesuaian jika diperlukan.


Rencanakan skenario yang berbeda
Masa depan enggak pernah pasti, tetapi kamu dapat mempersiapkan keenggakpastian dengan perencanaan skenario. Cobalah untuk mempertimbangkan berbagai visi untuk masa depan perusahaan.

Ini akan membantu kamu memikirkan kembali kemungkinan dan memahami hasil yang akan membuat kamu tetap di jalan menuju sukses.

Saat kamu menjalankan setiap skenario ini, kamu dapat mempertimbangkan solusi yang mungkin enggak terpikirkan oleh kamu ketika perlu bereaksi terhadap situasi yang membuat stres.


Telusuri pilihan likuditas
Likuiditas atau kemampuan perusahaan untuk memenuhi kewajiban adalah aspek penting dalam bisnis apa pun. Meskipun banyak perusahaan masih bekerja dari rumah, kamu membutuhkan likuiditas untuk dapat membayar karyawan, tagihan, dan pengeluaran kamu agar bisnis tetap terbuka.

Ada banyak pilihan untuk menciptakan likuiditas dari solusi keuangan alternatif, menggunakan aset bisnis hingga menawarkan sebagian saham kepada investor ekuitas swasta.

Selain itu, saat ini ada program pemerintah yang dikembangkan sebagai respon terhadap pandemi yang juga dapat membantu likuiditas kamu.

Baca Juga: Mengenal Hybrid-Entrepreneur, Ini Risiko yang Perlu Kamu Waspadai