Rentan Terhadap Kuman dan Virus, Seperti Ini Cara Membersihkan Ponsel Kamu

Disinfection - Canva

Disinfection - Canva

Like

Selama pandemi Covid-19, apakah kamu termasuk yang sering membersihkan berbagai barang pribadi secara rutin?

Sadar atau enggak, pandemi ini mengajari kita kebiasaan baik lho! Misalnya, seperti selalu mencuci tangan, menggunakan masker untuk terhindar dari virus, hingga rutin membersihkan berbagai barang.

Nah, salah satu barang yang sering kali kita gunakan dan sentuh, apalagi kalau bukan ponsel.  Namun, tahun enggak sih? setiap kali kamu menyentuh ponsel dengan tangan kotor, kuman bisa berpindah ke layar ponsel kamu lho!

Bahkan saat kamu memegang telepon dekat dengan telinga dan mulut saat berbicara, berbagai jenis patogen ditransfer ke telepon bisa dengan mudah menyebabkan penyakit.

Makanya, penting banget untuk kamu selalu rutin membersihkan posel kesayangan kamu itu, Be-emers. Lalu, gimana cara membersihkannya tanpa merusak ponsel kamu?


Baca Juga: Wow, Yuk, Simak Pendeteksi COVID-19 di Apple & Android
 

Gunakan Tisu Alkohol (Tisu Basah)

Dikutip dari laman Bisnis, untuk membersihkan sebagian besar permukaan, sabun dan air sejauh ini dianggap sebagai cara terbaik dan efektif. namun, hal itu tentu saja enggak bisa kamu terapkan di ponsel kamu!

Solusi lainnya, lebih baik kamu menggunakan tisu alkohol atau tisu basah. Soalnya, tisu basah jenis ini bisa dengan mudah membunuh sebagian besar kuman dan bakteri yang ada di permukaan ponsel.

Meski begitu, tisu basah ini juga punya beberapa kekurangan. Kalau permukaan ponsel kamu berlumuran minyak, maka permukaannya mungkin sulit dibersihkan dengan benar.

Soalnya, tisu tersebut susah menembus mikroba dan menghilangkannya dari permukaan yang terkena minyak.
 

Kain Katun dan Alkohol

Nah, untuk memastikan kalau ponsel kamu dibersihkan dengan baik, pertama, coba deh lepaskan casing dan bersihkan ponsel dan casing dengan kain katun.

Caranya, ambil kain, tuangkan alkohol pada kain dan seka, serta bersihkan ponsel dengan benar. Pastikan juga untuk enggak menuang alkoholnya terlalu banyak agar ponsel kamu enggak gampang rusak.

Selamat mencoba, Be-emers!

Baca Juga: Cara Mengganti Virtual Background Zoom Via Laptop dan Smartphone!