Finansialku: Yuk Cek Keuangan Kamu Apakah Sehat?

keuangan yang sehat

keuangan yang sehat

Like

Bagaimana dengan keuangan kamu hari ini? Banyak pendapatan atau pengeluaran ya? Buat kamu yang merasa khawatir masalah keuangan jangan panik dulu, yuk cek keuangan kamu apakah sehat-sehat saja! Keuangan yang sehat bukan berarti memiliki banyak uang ya sobat,finansialku.

Tetapi ada banyak ciri yang harus kemu ketahui mengenai kondisi keuangan yang sehat. atau tidak. Jika kondisi keuangan mu sudah sehat maka dapat mempersiapkan masa depan yang lebih baik, sedangkan jika keuangan mu sedang tidak sehat maka bisa juga membawa dampak buruk di lain hari.
             
Kondisi keuangan yang sehat dapat diketahui dengan  ciri-ciri berikut ini :
Pendapatan tetap yang kamu miliki, kalau saat ini pendapatanmu lagi naik turun berarti keuangan kamu sedang bermasalah.

Terpenuhinya kebutuhan pokok, nah jika kebutuhan pokok kamu saat ini sudah terpenuhi bisa dipastikan keuangan kamu sehat ya, jika kebutuhan pokok saja belum bisa terpenuhi pasti keuangan lagi bermasalah.

Pengaturan keuangan yang jelas, jika kamu sudah mengatur keuangan dengan jelas dan dapat dipertanggung jawabkan pasti kamu lebih mudah mengontrol keuangan sehingga kondisi keuangan sedang membaik. Jika kamu sering kehilangan uang atau keteledoran, bisa juga kamu tidak mengatur keungan dengan baik, maka kondisi keuanganmu bermasalah.


Memiliki dana darurat, bagaimanapun situasi kamu, dana darurat merupakan kewajiban. Dana darurat ini digunakan saat keadaan lagi penting atau darurat saja. Jika kamu masih belum memiliki dana darurat, yuk segera menabung! Karena jika kamu tidak memiliki dana darurat maka keuangan tidak sehat. Tips agar dana darurat tidak terpakai saat waktu yang tidak darurat yaitu pisahkan dana darurat dengan dana untuk kebutuhan sehari-hari, agar kamu tidak tergoda untuk menggunakannya kapanpun.

Memiliki perencanaan keuangan, jika kamu telah memiliki rencana keuangan sudah dapat dipastikan kamu telah mencapai tujuan keuangan yang kamu inginkan.

Sekarang kamu sudah mengetahui ciri-ciri kondisi keuangan yang sehat, bagaimana dengan kondisi keuanganmu saat ini? Apakah kondisi keuangan kamu sehat atau tidak? Jika kamu sudah mengetahui kondisinya, dengan begitu kamu dapat menghindari hal-hal buruk yang dapat mempengaruhi kondisi keuangan kamu.

Semoga kondisi keuangan kamu tetap sehat ya! Jangan lupa menabung dan atur rencana keuanganmu!