Yuk Investasi Saham di Masa Sekarang Ini

pergerakan saham (Sumber gambar: Canva.com)

pergerakan saham (Sumber gambar: Canva.com)

Like

Yuk Investasi Saham di Masa Sekarang Ini 

Ditengah kondisi ekonomi yang saat ini tidak menentu ditambah dengan adanya pandemi Covid membuat investasi saham menjadi sebuah ide yang buruk disaat ini. Namun benarkah demikian ?

Tidak bisa dipungkiri dengan adanya kondisi ekonomi seperti ini dan ditambah dengan pandemi covid membuat investasi saham seakan adalah tempat investasi yang buruk bahkan jauh dari kata aman. Penurunan IHSG yang terjadi membuat pasar saham sebaiknya dihindari. namun ternyata ada 3 alasan kenapa pasar saham merupakan investasi yang bisa dipertimbangkan di saat seperti ini.
 

1. Harga saham mulai murah

Yup ditengah kondisi seperti ini IHSG juga mengalami penurunan. Dengan menurunnya IHSG juga menyebabkan harga saham - saham mulai turun. Nah saham - saham yang dulunya masih mahal ternyata mulai menjadi murah sehingga bisa dibeli dengan diskon.
 

2. Perusahaan yang kuat akan bersinar di saat seperti ini

Perusahaan yang kuat tentu memiliki kinerja yang baik dan stabil. Ditengah kondisi seperti ini perusahaan - perusahaan tersebut masih tetap kuat dibanding dengan perusahaan lainnya. Namun perusahaan - perusahaan ini ternyata tidak kebal terhadap penurunan harga sahamnya loh. Nah kalo ditambah poin pertama tadi berarti ini adalah kesempatan investasi yang baik. Ibarat beli barang bagus lagi didiskon dan diskonannya gak setiap waktu ada.
 

3. Histori pasar saham Indonesia

Jika dilihat dari histori IHSG Indonesia kita akan menemukan sudah beberapa kali IHSG mengalami penurunan karena krisis yang terjadi. Mulai dari krisis ekonomi 1998, krisis 2008, dan krisis - krisis lainnya. Namun setelah krisis itu berakhir maka IHSG kembali melaju bahkan menaik dengan signifikan,

Jika kita lihat IHSG dari awal hingga sekarang termasuk ketika terjadi krisis maka return yang diberikan IHSG lebih dari 10%. Dengan demikian ketika IHSG sedang mengalami penurunan maka tentu ada sebuah kesempatan investasi yang layak untuk dipertimbangkan.

Namun tentu saja berinvestasi saham juga memiliki resiko jika memilih saham yang salah. Untuk mengurangi resiko ini perlu pengetahuan dan skill analisa baik analisa teknikal maupun fundamental. Berinvestasi pada diri sendiri dari buku, youtube, atau dari Sekolah pasar modal (SPM) yang diadakan Bursa Saham Indonesia dapat membantu anda dalam belajar bagaimana memilih saham dengan baik.