Tersangkut Kasus Korupsi Benih Lobster, Berapa Kekayaan Edhy Prabowo?

Edhy Prabowo - Image: Twitter Edhy Prabowo

Edhy Prabowo - Image: Twitter Edhy Prabowo

Like

Kasus menghebohkan datang dari Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo. Dirinya terjerat kasus korupsi benur (benih udang/lobster) nih, Be-emers.

Edhy diketahui ditangkap oleh pihak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Rabu (25/11) lalu. Menteri sekaligus politisi dari Partai gerindra itu ditangkap sata dirinya pulang dari Amerika Serikat di Bandara Soekarno Hatta.

Hebohnya penangkapan Edhy ini juga trending di media sosial lho! Bahkan, sejumlah orang sempat membuat tagar #kembalikansusi sempat trending di Twitter.

Hal itu mengingat, pada era Susi Pudjiastuti menjabat sebagai menteri, dirinya justru melarang adanya ekspor benih lobster yang ada di wilayah perairan Indonesia. Namun, hal sebaliknya malah terjadi di era Edhy Prabowo.

Daripada membanding-bandingkan kinerja keduanya, kamu penasaran enggak sih, berapa banyak harta kekayaan yang dimiliki sama Edhy Prabowo?


Baca Juga: Elon Musk Geser Posisi Bill Gates di Jajaran Orang Paling Kaya di Dunia, Kok Bisa?

Sebelum menjadi menteri, Edhy diketahui sempat mendirikan perusahaan jasa keamanan yaitu PT Garuda Security Nusantara lho! Dirinya pun menjabat sebagai presiden direktur saat itu.

Kemudian, pria lulusan Swiss German University ini menjadi Komisaris di PT Kiani Lestari Jakarta. Adapun, perusahaan tersebut diketahui adalah milik Ketua Umum DPP Gerindra Prabowo Subianto.

Nah, dikutip dari laman Bisnis, berdasarkan Laporan Harta kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) tahun 2019, total kekayaan Edhy Prabowo mencapai Rp7,42 miliar.

Angka tersebut terbagi atas empat komponen, yaitu tanah dan bangunan, alat transportasi, harta bergerak lainnya serta kas dan setara kas.

Kekayaan mantan atlet pencak silat tersebut, dari tanah dan bangunan yakni mencapai Rp4,34 miliar. Dirinya tercatat punya tanah seluas 104.307 meter persegi di Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan senilai Rp1,93 miliar.

Enggak cuma itu, Be-emers. Edhy juga punya tanah dan bangunan seluas 462 meter persegi di Bandung senilai Rp1,35 miliar, tanah di Bandung Barat senilai Rp659 juta, serta tanah dan bangunan di Bandung Barat senilai Rp400 juta.

Di luar itu, pria dengan dua anak ini pun melaporkan kepemilikan sejumlah alat transportasi seperti motor Yamaha RX King senilai Rp4 juta, Honda Beat Rp6 juta, mobil Mitsubishi Pajero Sport tahun 2011 Rp270 juta.

Ada pula kendaraan lain yang dimilikinya yakni Pajero Sport tahun 2017 senilai Rp500 juta Sepeda BMC senilai Rp65 juta hingga Honda Genset Rp45 juta. Jadi, total alat transportasi yang dimiliki Edy adalah Rp890 juta nih. Gokil!

Adapun, harta begerak Edhy diketahui mencapai Rp1,92 miliar dan kas atau setara kas sejumlah Rp256 juta. Dari seluruh item tersebut, Edhy mengumpulkan kekayaan mencapai Rp7,42 miliar.

Wah, kalau kamu punya harta sebanyak Edhy, masih kepikiran buat korupsi benih lobster juga enggak? Mending buat investasi atau buat jualan aja deh biar cuan!

Baca Juga: Bukan Pelit, Begini Cara Hemat yang Asyik Biar Cepat Tajir!