Thrifting Shop saat Pandemi? Ikuti Cara Ini Biar Tetap Aman

Thrifting - Canva

Thrifting - Canva

Like

Selain preloved, istilah thrifting juga populer nih di kalangan anak muda. Thrifting atau berbelanja barang bekas bisa menjadi alternatif yang menarik lho!

Soalnya, kamu bisa mendapatkan harga pakaian atau barang lainnya yang lebih murah. Selain itu, jika beruntung, biasanya kamu juga akan mendapatkan pakaian atau barang yang unik dan limited edition nih, Be-emers.

Namun, seiring adanya pandemi Covid-19, berbelanja barang bekas pun jadi terbatas nih. Enggak menutup kemungkinan, barang bekas yang dijual, bisa membuat kamu panik karena takut membawa virus dan penyakit.

Tenang dulu, Be-emers. Dikutip dari laman Bisnis, kamu bisa lakukan hal ini untuk thrifting secara aman nih.

Baca Juga: Meraup Cuan Barang Bekas dari Bisnis Thrift Shop, Apa Itu?



Bikin Daftar Belanja
Saat melakukan thrift shopping, sebaiknya terlebih dahulu buat daftar belanja yang akan dibeli nantinya. Belanja pakaian bekas tidak sama seperti membeli bahan makanan.

Ketika barang tersebut tidak ada, kamu cukup menyimpan daftar tersebut untuk dibeli di kemudian hari. Pastikan kamu membeli barang yang kamu butuhkan.


Patuhi Protokol Kesehatan
Selama melakukan thrifting saat pandemi Covid-19, kunci utamanya adalah dengan mematuhi protokol kesehatan. Kenakan masker dan tetap menjaga jarak selama berbelanja di toko barang bekas.

Coba untuk sesering mungkin bersihkan tangan dengan hand sanitizer saat berada di luar rumah, dan jangan lupa untuk mencuci tangan saat tiba di rumah.


Cuci Tangan saat Sebelum dan Sesudah Belanja
Para ahli kesehatan setuju bahwa mencuci tanagn dengan benar adalah salah satu cara yang paling efektif unuk mencegah Covid-19.

Dengan mencuci tangan sebelum berbelanja, maka akan lebih melindungi pembeli dan karyawan lain. Sementara mencuci tangan setelah belanja akan membantu menghentikan penyebaran kuman.


Cuci Baju yang Dibeli dengan Air Panas
Jika kamu membeli baju bekas, kamu bisa membersihkannya terlebih dahulu dengan merendamnya di air panas lho, Be-emers! Hal ini tentunya untuk membuat virus atau kuman yang menempel pada baju dapat mati seketika.

Direktur di Good Housekeeping Institute Carolyn Forte mengatakan, sebelum pandemi Covid-19 pun, setiap membeli pakaian bekas, kita harus mencuci pakaian tersebut.


Belanja Online
Kalau kamu masih khawatir untuk belanja di luar, maka jalan satu-satunya yakni dengan membeli barang secara online. Saat ini, sudah banyak kok pakaian bekas yang dijual di media sosial.

Bahkan, kamu juga bisa memilah-milih pakaian mana yang akan kamu beli. Selain itu, kemungkinan sebelum pakaian tersebut dikirim sudah dibersihkan oleh penjual. Namun, untuk menjamin agar tetap bersih, sebaiknya kamu tetap mencuci pakaian tersebut ya!

Selamat mencoba!

Baca Juga: Meraih Keuntungan Melalui Usaha Thriftshop di Tengah Pandemi