Melirik Peluang Bisnis Hewan Peliharaan, Kenali Dulu Tantangan dan Alternatifnya

Pets - Canva

Pets - Canva

Like

Menjadikan hewan di rumah sebagai peliharaan tentunya menyenangkan. Hewan peliharaan apa yang kamu punya di rumah, Be-emers?

Mulai dari unggas, ikan, anjing, kelinci, hingga kucing jadi hewan pilihan banyak orang untuk dipelihara di rumah. Bukan cuma hobi, keputusan untuk mempunyai hewan peliharaan tentu saja didasari dengan rasa sayang terhadap hewan tersebut.

Di sisi lain, hewan peliharaan juga bisa mendatangkan cuan lho! Bahkan, berdasarkan data Petskita, ada sekitar 67 persen rumah tangga di Indonesia yang punya hewan peliharaan.

Sementara itu, data Euromonitor International menyebutkan bahwa potensi untuk industri layanan hewan peliharaan di Indonesia juga akan terus meningkat sebesar 7,1 persen per tahun.

Baca Juga: Peluang Usaha Melalui Budi Daya Ikan Cupang
 

Tantangan Memelihara Binatang

Sayangnya di tengah pandemi, ada sejumlah tantangan yang seringkali dihadapi sama para pecinta hewan di Indonesia nih, Be-emers. Dilansir dari Bisnis, masalah dan tantangan tersebut antara lain:
  • Keterbatasan Kebutuhan Hewan Peliharaan

    Produk makanan, perawatan, dan aksesoris di toko-toko hewan masih sangat terbatas. Bahkan, untuk yang punya hewan peliharaan di daerah terpencil, mereka harus susah payah mengakses produk-produk berkualitas untuk hewan kesayangannya.
  • Jasa Layanan Perawatan Hewan
    Diketahui, layanan seperti salon atau penitipan hewan masih sangat konvensional dan kurang tersentralisasi. 
  • Penyesuaian Perilaku Pemilih Hewan
    Selain itu, pemilik hewan di Indonesia juga belum terbiasa memantau pertumbuhan dan rekam kesehatan hewan peliharaan, karena belum ada platform yang mudah digunakan.
 

Memanfaatkan Teknologi

Nah karena adanya keterbatasan tersebut, Petskita, sebagai startup yang fokus di sektor hewan peliharaan, ternyata memanfaatkan teknologi untuk menyediakan solusi yang terintegrasi dalam satu platform.

Dengan memanfaatkan platform digital, segala kebutuhan hewan peliharaan bisa diakses banyak orang dengan lebih efisien. Enggak hanya produk, kamu juga bisa membuat semacam komunitas yang terhubung dengan para pecinta hewan sebagai wadah bertukar informasi lho!

Bisnis dengan segmen hewan peliharaan rupanya juga bisa dimanfaatkan dengan cara yang asyik. Buat kamu yang memang berniat untuk melakukan breeding, kamu bisa memanfaatkan platform digital seperti yang dilakukan Petskita untuk membuat sertifikat kelahiran hewan peliharaan secara online.

Baca Juga: Lucu dan Bikin Gemes, Ini Peluang Cuan dari Hewan Peliharaan