Hadapi Libur Akhir Tahun, Berikut Prioritas Keuangan yang Harus Kamu Perhatikan

Holiday - Canva

Holiday - Canva

Like

Akhir tahun merupakan waktu yang tepat untuk liburan. Namun, gara-gara pandemi, rencana liburan kamu pun jadi berubah.

Namun, sebenarnya mungkin kamu masih bisa liburan kok. Tentunya, protokol kesehatan jadi hal utama yang nggak boleh ketinggalan ketika kamu memutuskan untuk liburan di tengah pandemi.

Selain itu, jangan lupa, di tengah kondisi pandemi, kondisi finansial kamu juga tetap perlu dijaga lho, Be-emers. Jangan sampai, kamu rela berutang hanya karena memaksakan diri untuk pergi liburan ya!

Nah, biar rencana liburan kamu enggak mengganggu keuangan, dikutip dari laman Bisnis, ada sejumlah hal nih yang bisa kamu jadikan prioritas.

Baca Juga: 10 Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi Setelah Pandemi
 

Staycation

Dengan belum pulihnya kunjungan wisatawan ke Indonesia, maka peluang terhadap harga diskon kamar masih terbuka lebar lho!


Bahkan, kamu pun bisa menemukan diskon-diskon tempat penginapan di aplikasi booking tiket pesawat, hotel, wisata, dan kuliner yang ada, atau dengan penawaran khusus travel agent.

Makanya, staycation dengan keluarga di luar kota tentu menjadi pilihan yang cerdas. Kamu bisa merasakan pengalaman menginap di hotel mewah dengan harga yang lebih murah dari biasanya.

Di sisi lain, staycation dinilai cenderung lebih aman terhadap risiko terjangkitnya Covid-19 ketimbang harus mengunjungi destinasi wisata dan bertemu dengan banyak orang.
 

Menggunakan Kendaraan Pribadi

Kalau kamu mau liburan ke tempat yang enggak terlalu jauh dari tempat tinggal, sebaiknya sih kamu menggunakan kendaraan pribadi ya, Be-emers. Selain itu, kamu juga jadi lebih hemat lho dalam anggaran transportasi.

Kamu cukup siapkan uang untuk bahan bakar, tol, serta persediaan makanan selama di perjalanan.

Meski begitu, pastikan kalau mobil kamu sudah terlindungi asuransi ya. Soalnya, risiko di jalan pastinya tetap ada.
 

Tentukan Tujuan

Liburan juga identik dengan kuliner dan belanja. Bahkan, dua aktivitas itu bisa dilakukan secara bersamaan.

Nah, buat menjaga bujet kamu, apalagi buat yang bujetnya terbatas, sebaiknya sih kamu tentukan terlebih dahulu tujuan liburan. Prioritaskan, mana yang akan kamu tuju saat liburan nanti.

Kalau prioritas kamu belanja, kamu bisa membawa bekal masakan dari rumah lho sebagai alternatif. Sedangkan kalau yang diprioritaskan adalah wisata kuliner, coba buat daftar makanan apa saja yang ingin dicoba untuk menghindari “lapar mata”.
 

Tentukan Biaya

Setelah melakukan riset terhadap biaya hidup dan rekreasi, tentukanlah berapa jumlah ingin kamu keluarkan untuk aktivitas ini. Oya, jangan lupa juga untuk menganggarkan dana darurat selama liburan ya.

Hal ini akan berguna untuk jaga-jaga selama liburan. Misalnya, untuk kebutuhan bahan bakar kalau kamu membawa mobil pribadi dan terjadi macet total di jalan yang akhirnya membuat konsumsi BBM Anda meningkat.

Selain itu, pastikan bujet yang kamu buat enggak berasal dari utang ya! Misalnya kondisi keuangan kamu belum bisa dipakai untuk liburan, lebih baik jangan memaksakan diri.

Sebelum berlibur, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dulu kecukupan dana darurat dan asuransi. Adapun, utang liburan adalah utang bersifat konsumtif yang hanya akan menambah pengeluaran pasif dan mengurangi kekayaan bersih kamu, Be-emers.

Baca Juga: Bikin Suasana Liburan di Rumah, Berbisnis Hammock Bisa Jadi Pilihan