Ada Vaksin Covid-19, Gimana Pengaruhnya ke Pendanaan Startup?

Vaccine - Canva

Vaccine - Canva

Like

Vaksin Covid-19 tentunya bukan cuma jadi harapan akan usainya pandemi. Namun, tentunya sentimen vaksin juga bakal mempengaruhi nasib dari sejumlah sektor nih, Be-emers.

Salah satunya yakni sektor perusahaan rintisan (startup). Seperti yang diketahui, sektor startup seperti perjalanan dan pariwisata merupakan contoh yang kinerjanya terdampak pandemi.

Enggak cuma kinerja, masalah pendanaan juga kerap kali jadi perhatian. Lalu, gimana ya pengaruh vaksin Covid-19 terhadap pendanaan startup?

Baca Juga: Vaksin Covid-19 Tiba, Seperti Apa Dampaknya ke Startup Travel dan Pariwisata?

Diketahui dari laman Bisnis, Asosiasi Modal Ventura untuk Startup Indonesia menilai, kehadiran 1,2 juta vaksin Covid-19 merek Sinovac di Indonesia bakal memberi sentimen positif terhadap penyaluran dana startup ke depannya lho!


Bahkan, menurut Ketua Asosiasi Modal Ventura untuk Startup Indonesia (Amvesindo) Jefri R Sirait, suntikan dana akan makin mengalir pada 2021 untuk perusahaan rintisan dalam negeri.

Selain itu, ia juga menilai, saat ini struktur penopang investasi makin terpenuhi, yakni ekosistem dari perusahaan rintisan. Nah, hal tersebut jadi sentimen yang baik bagi para investor buat melirik perusahaan rintisan.

Terlebih, kehadiran vaksin juga dinilai bisa mempengaruhi sentimen investor dan startup mana yang akan diincar pada 2021. Soalnya, mobilitas masyarakat yang akan berinteraksi secara fisik bakal kembali.

Seperti yang diketahui, selama pandemi ini, sektor perusahaan rintisan yang cenderung jadi prioritas investor antara lain fintech, edutech, e-commerce, healthtech, hingga Saas.

Adapun, menurut Bendahara Amvesindo Edward Ismawan Chamdani, bakal ada startup yang mengalami percepatan dan perusahaan yang dalam tahap bertumbuh di 2021 mendatang lho!

Ismawan pun menjelaskan kalau sektor startup yang mengalami akselerasi perspektif investor yakni healthtech, edutech, e-logistics, dan e-grocery. Sedangkan startup yang masih mengalami masa untuk bertumbuh dan amat membutuhkan suntikan dana, antara lain beauty-tech, foodtech, dan e-B2B.

Baca Juga: Belajar dari K-Drama Start-Up, Ini Bocoran Sektor Paling Dilirik Investor