Update Saham Bisnis Muda, Edisi 15 Juni 2020

Update Saham Bisnis Muda

Update Saham Bisnis Muda

Like

Meskipun sempat melemah saat pasar baru aja dibuka, rupanya IHSG berhasil berbalik rebound lagi nih. Mantap!

Terpantau pukul 9:06 WIB, indeks harga saham gabungan (IHSG) naik 0,55% ke level 4.906,99. Pergerakan positif ini membawa 148 saham di dalamnya menguat dan ada 74 saham yang melemah.

Seluruh sektor di IHSG juga terpantau positif. Penguatan IHSG pagi ini dipimpin oleh sektor properti yang naik 2,09%. Selanjutnya, penguatan ini juga diikuti oleh sektor infrastruktur sebesar 0,99?n manufaktur 0,59%.

Di sektor properti, ada PT Citra Development Tbk (CTRA) yang memimpin dengan kenaikan 1,46%. Adapun emiten plat merah WIKA dan WEGE juga mengalami kenaikan saham masing-masing sebesar 1,98?n 0,55%.

Dilansir dari Bisnis.com, adanya kenaikan cadangan devisa dan sentimen positif masa transisi pembatasan sosial berskala besar (PSBB) jadi pemicu lajunya indeks hari ini. Hal ini juga makin didukung dengan dimulainya fase new normal pekan ini di sejumlah wilayah.
 

Kinerja Emiten

Sambut fase new normal dan mulai dibukanya pusat perbelanjaan atau mal hari ini (15/6), membawa sentimen positif bagi emiten properti. Hal itu terlihat dari pergerakan sahamnya yang berhasil memimpin penguatan IHSG hari ini.


Setelah diterjang badai akibat pandemi Covid-19, emiten properti kini mulai optimis bisa kembali memperbaiki kinerjanya nih. Dilansir dari Bisnis.com, PT Metropolitan Kentjana Tbk, (MKPI) memprediksi pendapatan berulang dari pembukaan mal tersebut bisa menyumbang 70?ripada total pendapatan emiten.

Selain itu, emiten dari Pondok Indah Mall dan Puri Indah Mall itu juga yakin hal itu bakal memperbaiki okupansi mal. Namun, dampak positif itu dirasa PT Pakuwon Jati Tbk (PWON) bakal berjalan secara bertahap. Hal itu disebabkan oleh sejumlah tenant  yang belum dapat izin buat beroperasi kembali.

Adapun, meski masih belum berdampak langsung, harga saham PWON hari ini melaju positif lho. Terpantau hingga pukul 10:42 WIB, saham PWON melaju 0,88% di level 460 per saham.