Mengatasi Krisis Ekonomi Dengan Kreatif

Memanfaatkan media digital online sebagai sarana yang positive

Memanfaatkan media digital online sebagai sarana yang positive

Like

Tahun 2020 adalah tahun yang penuh dengan berbagai cobaan yang menimpa populasi diseluruh dunia yaitu virus covid-19. Tentu kalian tau virus covid-19 merupakan virus yang telah menginveksi kurang lebih 1 juta populasi di seluruh dunia.

Tentu ini sangat berdampak pada sektor  ekonomi di berbagai bidang dari sektor ekonomi kecil, menengah, hingga sektor ekonomi atas di belahan dunia lainnya, tak terkecuali Indonesia. Dampak yang dirasakan sangat luar biasa, kata salah satu pekerja yang terkena imbas dari virus covid-19, banyak pekerja yang terkena PHK yang menyebabkan pengangguran meningkat signifikan , banyak dari mereka yang dirumahkan, & bingung harus melakukan apalagi untuk menyambung hidup. 
Sesuai dengan judul saya, yaitu "MENGATASI KRISIS EKONOMI DENGAN KREATIF",saya ingin mencontoh anak muda sekarang yang banyak sekali mulai memanfaatkan platform digital seperti youtube, aplikasi tiktok, aplikasi market place, Instagram, Dsb untuk berkreasi atau membuat sesuatu yang menghasilkan dan bermanfaat, ada juga dari mereka yang berkreasi dengan membuat content yang menarik di youtube sehingga bisa produktif dirumah saja, selain itu mereka juga belajar bagaimana cara memulihkan ekonomi yang sedang terpuruk ditengah - tengah situasi Pandemi covid-19 seperti ini, saya ucapkan terima kasih sudah memberikan saya kesempatan untuk menulis pada artikel kali ini. Saya ingin bertanya sudahkah anda mencoba sesuatu yang berbeda dari pekerjaan, hobby, kebiasaan anda sehari yang tidak terbiasa dirumah saja? Kalau belum mencobanya ini saatnya bagi kita untuk memulainya dengan cara keluar dari zona nyaman, karena tidak ada kesuksesan dihasilkan dari zona nyaman. Tidak usah takut gagal, jika benar lakukan dan jika salah, kita perbaiki & belajar lagi demi meraih kesuksesan. 

Pada situasi Pandemi covid-19 seperti ini, saya pernah membaca dari salah satu sumber informasi berita tentang kenaikan jumlah jual beli secara online sebesar 290%. Tentu angka yang fantastis bukan? Hal tersebut  bisa membuat pasar digital Indonesia menjadi nomor 1 di Asia Tenggara pada tahun 2025 mendatang. 

Hal tersebut membuat mindset kita berubah untuk memulai bisnis Online. Karena bisnis Online adalah pekerjaan yang cocok dengan situasi kita saat ini yang masih dilanda virus Covid-19 dan bisa melakukan berbagai aktivitas seperti ibadah, bekerja, belajar dari rumah. 

Saya pribadi akan memberikan tips agar perekonomian kita tidak semakin memburuk, yaitu :
1. Memulai bisnis usaha rumahan (kita mulai dengan modal kecil, tetapi kalau bisa waktu dijual untungnya besar). 
2. Belajar editing video dan memulai menguploadnya ke youtube dengan content yang menarik. 

3. Belajar memasak. 
4. Mencoba berjualan lewat online. 
5. Memanfaatkan media sosial sebaik mungkin. 
6. Belajar mengenai bisnis Online. 

Teruslah melangkah jangan takut salah dan jangan sampai menoleh kebelakang jika kita ingin meraih kesuksesan, kita mungkin hidup hari ini tapi kita harus bergerak demi masa depan yang lebih baik. Mungkin itu yang bisa saya bagikan pada artikel kali ini. Saya juga menyarankan agar kalian jangan lupa untuk bersedekah kepada yang lain. Bersedekah kepada yang kurang mampu, karena dengan bersedekah, Insya Allah kita bisa cepat kaya.