10 Cara Membuat Artikel yang Menarik

Cara membuat artikel yang menarik (Sumber: Pixabay.com)

Cara membuat artikel yang menarik (Sumber: Pixabay.com)


Banyak orang yang menganggap bahwa membuat sebuah artikel yang menarik itu sangat sulit. Namun siapa sangka, jika hal ini bisa dilakukan untuk siapapun itu. Kamu hanya perlu effort saja, sebagaimana beberapa pekerjaan pada umumnya.

Dilansir dari dhadigital.com mengatakan bahwa ada 9 manfaat yang bisa kita ambil dari membuat artikel diantaranya dapat meningkatkan otoritas bisnis , dapat menambah visitor bisnis ,dan dapat mendistribusikan merek bisnis.

Sebuah artikel yang menarik itu bukan sekedar unik maupun otentik saja, akan tetapi dibutuhkan sebuah informasi yang bermanfaat guna menggaet perhatian para pembaca. 

Perbedaan content writer dan copywriter juga wajib kamu ketahui, sehingga kamu bisa membuat penulisan yang terarah. Agar kamu tidak salah kaprah menulis artikel, berikut akan diulas cara membuat artikel yang menarik. 


1. Melakukan Pengamatan pada Topik yang Akan Ditulis

Sebelum menulis artikel, sebaiknya kamu melakukan riset terhadap topik yang akan kamu tulis. Hal ini bertujuan agar artikel kamu tidak salah dalam mengambil sebuah informasi. Caranya yaitu dengan mengumpulkan beberapa tulisan terdahulu dengan topik yang sama.


2. Meniru Tulisan yang Telah Dibaca

Usai kamu membaca beberapa artikel dengan topik yang sama tersebut, tentunya kamu telah menangkap alur di masing masing penulis. Dari alur tersebut, bisa kamu terapkan pada artikel yang akan kamu tulis. Akan tetapi proses meniru ini, bukan berarti kamu menempel tulisannya pada artikelmu.


3. Memodifikasi Tulisan yang Telah Dibaca

Setelah mendapatkan berbagai materi terbaik, memahami alur, serta proses penulisannya, maka kini saatnya kamu meramu materi tersebut menjadi sebuah tulisan yang berisi dan tentunya menarik. Tunjukkan kemampuanmu melakukan cara membuat artikel yang menarik ini dengan ide ide di pikiranmu.


Baca juga: Intip Kiat WFH yang Efektif Sesuai Zodiak Kamu Yuk!


4. Membuat Paragraf yang Singkat dan Padat

Perlu kamu ketahui, bahwa menulis sebuah artikel bukan berarti ‘mengarang bebas’ layaknya menulis sebuah novel dengan paragraf sangat panjang. Sebuah artikel yang bagus terdiri dari tiga hingga lima baris tulisan atau tidak lebih dari lima kalimat.


5. Memberikan Tanda pada Poin yang Penting

Tatkala menulis artikel,  pastikan kamu menggunakan fasilitas penanda yang telah disepakati dalam dunia penulisan guna membantu pembaca memahami artikel yang kamu tulis. Misalnya saja dengan menggunakan sub judul (heading), bullets atau lists, warna dalam kata, dan bold atau underline atau italic.


6. Menyesuaikan Kaidah Bahasa

Pasti kamu pernah bingung memilih kaidah bahasa manakah yang benar. Hal ini seringkali terjadi teruntuk para penulis artikel. Untuk menghadapi cara membuat artikel yang menarik ini, ada baiknya bila kamu sering membaca kamus guna memastikan ejaan maupun tata bahasa telah sesuai dengan kaidah yang ditentukan.


7. Menentukan Jumlah Kata 

Meski dalam sebuah riset menunjukkan bahwa jumlah kata dalam sebuah artikel yang ideal itu minimal 2.000 hingga 3.000 kata. Namun bukan berarti hal satu ini sebagai patokan anda untuk membuat artikel. Kamu hanya perlu menulis artikel dengan jumlah kata yang sesuai topik pembahasan.


8. Menentukan Model Huruf atau Font pada Artikel

Mungkin hal ini sudah sewajarnya diketahui bagi sebagian penulis artikel, yang digunakan sebagai kegiatan eksplorasi font pada artikelnya. Namun perlu kamu ketahui, bahwa hal satu ini bisa saja menjadi hal yang tidak menarik bagi pembaca. Untuk itu, kamu harus menentukan satu jenis font saja pada setiap artikel.


9. Memberikan Judul yang Nampol

Artikel yang memiliki judul yang menarik, tentunya akan memenangkan hati calon pembaca untuk mengkliknya. Cara membuat artikel yang menarik yaitu dengan membuat judul semenarik mungkin. Meskipun dalam artikelmu membahas hal yang pada umumnya dibahas pula di artikel yang lainnya.


10. Mengedit Setiap Hasil Tulisan

Bila tulisan kamu telah selesai, pastinya kamu ingin cepat cepat untuk mempublish-nya, bukan? Perlu kamu ketahui, jika tindakan seperti itu jangan sampai terulang lagi. Sebelum mengupload tulisan di website, ada baiknya untuk mengeceknya hingga berulang kali agar terlihat sempurna.

Membuat sebuah artikel yang menarik, tentunya tidak hanya berguna untuk pembaca saja. Kamu pun bisa mendapatkan berbagai informasi dari proses mengamati, meniru serta memodifikasi dari beberapa tulisan terdahulu. 

Baca juga: Simak Kelebihan dan Kekurangan Wordpress Gratis Untuk Para Blogger